Pemkab Gulirkan Program Setiap Desa Satu Orang Masuk SMK

28/10/2010 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Guna menyukseskan program SMK Bisa yang gulirkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, Pemkab Ciamis kini mengeluarkan program yang diberi nama “Setiap desa satu orang masuk SMK”. Program tersebut merupakan salah satu upaya mensosialisasikan program SMK Bisa yang nantinya diharapkan mampu mencetak tenaga terampil dari lulusan SMK di Kabupaten Ciamis.

Wakil Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. Akasah, M.BA, mengatakan, wujud dari program tersebut diantaranya mendorong pemerintahan desa agar konsen terhadap dunia pendidikan. Langkah yang dilakukan pemerintahan desa, yakni memberikan pembiayaan sekolah untuk melanjutkan ke SMK kepada siswa yang berprestasi yang dananya bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD).

“Namun program ini belum berjalan, karena belum disosialisasikan oleh kepala desa,” ujarnya saat rapat dengan tim penilai kebijakan pemerintah kabupaten terhadap pengembangan SMK, di Pendopo Ciamis, Selasa (26/10).

Tim tersebut terdiri dari professional bidang pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, LSM dan Pers. Tim tersebut menilai sejauhmana keberhasilan program pemerintah untuk memajukan SMK.

Menurut Iing, program tersebut dibuat semata-mata untuk memajukan desa. Artinya, putra daerah yang memiliki keahlian khusus setelah lulus dari SMK bisa mengamalkan ilmunya di desa tersebut. Misalnya jebolan SMK di bidang pertanian bisa menjadi pioneer di masyarakatnya. “Namun kendalanya, jebolan SMK enggan mengabdi di desa. Mereka banyak yang memilih mencari kehidupan di kota lain,” terangnya.

Iing mengatakan, kebijakan Pemkab Ciamis terhadap perkembangan SMK sangat besar. Buktinya dana yang digelontorkan pada tahun anggaran 2010 untuk pengembangan SMK mencapai Rp. 15 miliar. Dana tersebut untuk peningkatan jumlah ruang kelas baru, belanja pegawai, peningkatan mutu, dan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan.

“Kita sangat serius mengembangkan SMK. Yakni dengan cara merintis jurusan sesuai kebutuhan masyarakat. Hal itu terbukti, saat ini terdapat 9 SMK Negeri di Ciamis termasuk SMK unggulan di bidangnya, misalnya jurusan otomotif, kelautan dan pertanian merupakan SMK unggulan,” terangnya.

Kepala SMKN I Ciamis, Drs. H. Hadi Sumantoro, MM menambahkan, komitmen Pemkab Ciamis terhadap pengembangan SMK sudah tak diragukan lagi. Buktinya SMKN 1 saat ini menjadi salah satu sekolah unggulan di Ciamis. Jebolan SMKN 1 Ciamis pun tidak susah mencari kerja saat keluar.

“Kami sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama, baik di wilayah Priangan Timur, maupun Bandung, Tangerang dan Jakarta,” ujarnya. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!