Warga Banjarsari Sering Temukan Tabung Gas yang tak Ber-seal Karet

28/10/2010 0 Comments

Banjarsari, (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga di Kecamatan Banjarsari mengkhawatirkan banyaknya karet seal yang tidak terpasang pada mulut tabung gas LPG 3 kg. padahal karet tersebut seharusnya menempel pada mulut tabung gas untuk menahan atau mencegah kebocoran.

Kokom (37), warga Banjarsari ketika ditemui HR, mengaku keheranan ketika dirinya akan membeli tabung gas ukuran 3 kilogram. Dia tidak menemukan karet penyangga kebocoran pada mukut tabung.

Bila hal itu terus terjadi, ia terpaksa harus bolak-balik untuk meminta karet seal kepada penjual gas, meskipun tidak membeli. Ia mengaku heran, dimana lepasnya karet seal tabung gas, padahal tabung gas masih dalam keadaan tersegel.

Peritiwa tidak adanya karet tersebut sering dialaminya ketika hendak mengganti tabung gas. Namun meski begitu, ia tetap memakai tabung gas 3 kg, sebagai bahan bakar memasak.

Jaja (51), seorang penjual mie ayam keliling yang biasa mangkal di Banjarsari, ketika ditemui HR, mengatakan hal yang serupa dengan Kokom. Ia juga sempat menemukan karet seal yang sudah putus pada tabung gas.

Sementara itu, seorang penjual gas elpigi di Banjarsari, yang namanya enggan dikorankan mengatakan, salah satu penyebab utama kebocoran gas LPG adalah dari kinerja “seal karet” yang sudah melemah.

Melemahnya seal karet adalah secara alami karena sudah lama dipakai atau karena disengaja yaitu karena seringnya disuntik (oplos). Bahan karet pada seal apabila mendapat tekanan yang terus menerus, daya pegas/ elastis-nya akan menurun, makin besar tekanan yang diterima makin cepat penurunan daya pegasnya.

Demikian juga seal karet yang terpasang pada tabung. Karet ini mendapat tekanan sejak dimasukkan kedalam tabung gas, jadi meskipun tabung gas tidak dipakai, kekuatan seal karet akan melemah dengan bertambahnya waktu.

Tekanan pada seal karet akan bertambah besar pada saat tabung gas diisi atau atau pada saat dilakukan pengoplosan, atau pada saat tabung gas digunakan dan tersambung dengan regulator.

Untuk itu, Ia menghimbau kepada masyarakat, jika menemukan tidak ada seal karet pada tabung gas, atau telah rusak seal karetnya, agar cepat meminta penggantian seal karetnya. Hal itu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (amlus)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!