Agun: Qurban Menjadi Penyambung Ibadah dengan Fakir Miskin

20/11/2010 0 Comments

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Drs. Agun Gunanjar Sudarsa, M.Si, tengah menyaksikan pemotongan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1431 H di Agun Center Kota Banjar. Foto : Pajar Martha/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam hari raya Idul Adha 1431 H, Drs. Agun Gunanjar Sudarsa, M.Si, memberikan 3 ekor sapi kepada tiga titik pemotongan hewan kurban. Ketiga titik tersebut bertempat di DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis, DPD Partai Golkar Kota Banjar dan Agun Center Kota Banjar, yang seluruhnya untuk dibagikan kepada masyarakat.

Sejak pagi masyarakat sudah terlihat memadati tiga titik tempat pemotongan. Ketika hewan kurban selesai dipotong dan siap dibagikan, masyarakat dengan antri menerima jatah daging kurban.

Qurban bukan hanya ibadah rutinitas yang dilakukan setiap tahun bagi orang yang telah mampu, namun lebih pada paradigma baru, Qurban menjadi penyambung ibadah dengan fakir miskin dan kurang mampu.

Menurut Agun, ibadah kurban merupakan ungkapan cinta kasih kepada kaum miskin. Di sinilah bahwa daging kurban harus dinikmati oleh semua masyarakat, terutama orang-orang miskin yang ada di sekitar kita.

“Alhamdulilah untuk tahun ini saya bisa kurban sebanyak tiga ekor sapi, semuanya dibagikan kepada masyarakat,” ucapnya, Rabu (17/10).

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah “Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang akan sampai kepada-Nya ketakwaan kamu. Dia menundukannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas pentunjuk yang Dia berikan kepadamu” (QS. Al Haj :37).

Pada hakikatnya kurban merupakan komitmen seseorang untuk senantiasa menuhankan Allah, bukan menuhankan hawa nafsunya sendiri, serta menjadi ciri kesediaan untuk berbagi rasa dengan sesama manusia.

Karena, ibadah kurban murupakan ungkapan rasa sukur yang diwujudkan dengan berbagi antar sesama sesuai dengan pesan Allah, “Maka makanlah sebagian daging kurban dan beri makanlah (dengan bagian yang lainnya) orang-orang fakir yang sengsara” (QS. Al Haj : 28).

Sementara itu, beberapa warga yang ditemuai HR mengungkapkan kegembiraannya. Bari (23), salah seorang warga sekitar yang datang ke tempat pemotongan hewan kurban di DPD Partai Golkar Kota Banjar.

Bari mengatakan, dirinya merasa senang dengan acara kurban yang dilaksanakan setiap tahun di DPD Golkar Kota Banjar.

“Ya senang, bisa makan enak, terus bisa bawa daging buat keluarga di rumah. Memang setiap tahun Pak Agun selalu memberikan sumbangan hewan kurban berupa sapi,” ungkapnya. (pjr)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!