Akses Jalan ke Kawasan Agropolitan Sindangbarang Dibiarkan Rusak

Akses Jalan ke Kawasan Agropolitan Sindangbarang Dibiarkan Rusak

Jalan Sindangbarang sudah lama mengalami kerusakan, perhatian pemerintah untuk perbaikan sangat dinanti warga setempat. Foto : Eli Suherli/HR

Panumbangan, (harapanrakyat.com),- Akses jalan menuju ke tempat agropolitan yang berada di Dusun Mangahan Desa Sindangbarang Kecamatan Panumbangan Kab. Ciamis kini kondisinya rusak parah.

Oyo, warga setempat, ketika ditemui HR Senin (15/11), mengatakan, hingga saat ini jalan tersebut dibiarkan rusak. Sementara laju perekonomian masyarakat di Desa Sindangbarang tengah maju pesat dalam bidang pertanian menyusul kawasan ini dijadikan percontohan agropolitan.

“Kami sebagai warga berharap adanya perhatian dari Pemkab Ciamis agar segera memperbaiki jalan tersebut. Karena daerah ini sudah menjadi kawasan agropolitan,” ungkapnya.

Oyo menambahkan, pihak desa setempat sudah bebarapa kali mengajukan proposal bantuan ke Pemkab Ciamis. Namun sampai sekarang belum ada realisasi apapun. Sementara banyak masyarakat yang mengeluh dengan rusaknya jalan tersebut.

Menurut Oyo, roda perekonomian masyarakat Sindangbarang kini tengah mengalami kemajuan, terutama di bidang pertanian. Akan tetapi fasilitas infarstuktur yang kurang memadai, menjadi sebuah kendala untuk bisa lebih mengembangkan potensi pertanian.

Oyo melanjutkan, kerusakan jalan sudah lama sekali, ditambah ketika hujan turun seluruh jalan tertutup air. Karena jalan sudah berlubang. Sehingga dapat membahayakan setiap pengendara motor dan mobil yang melewati jalan tersebut. “Apalagi kondisi jalan di wilayah ini  curam,“ imbuhnya.

Sementara itu, Anggota BPD Sindangbarang Kec. Panumbangan, Jefri Umbara membenarkan kondisi jalan di wilayahnya rusak parah. Dia mengatakan hingga saat ini belum ada perhatian dari Pemkab Ciamis.

“Kami sering mendapat keluahan dari warga yang menginginkan jalan tersebut segera diperbaiki. Dari pihak desa sebenarnya sudah beberapa kali mengajukan proposal, namun hingga saat ini masih belum ada kepastian kapan akan diperbaiki,”jelasnya

Padahal, lanjut Jefri, wilayah Desa Sindangbarang sudah menjadi percontohan wilayah agropolitan. Namun ironisnya, Pemkab tidak membenahi fasilitas infrastruktur di daerah tersebut. “Apabila kondisi ini dibiarkan, bukan tidak mungkin akan menghambat perkembangan program agropolitan,” ujarnya. (es)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles