Jalan Desa Sukamulya Kembali Rusak Meski Baru Selesai Diaspal

04/11/2010 0 Comments

Jalan utama Desa Sukamulya memakan biaya miliaran, namun baru selesai dua bulan, kondisinya sudah kembali rusak

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah masyarakat Desa Sukamulya Kecamatan Baregbeg menyayangkan Proyek pengaspalan jalan sepanjang tiga kilometer yang sudah mulai rusak kembali padahal proyek tersebut baru selesai dua bulan lalu.

Menurut warga yang namanya enggan dikorankan, ketika ditemui HR, Jum`at (29/10) mengatakan, kondisi jalan memang lebih baik ketika sebelum dilakukan pengaspalan, akan tetapi pengaspalan tersebut kurang bagus sehingga jalanan kembali mengalami kerusakan.

Apalagi menurutnya, proyek tersebut memakan biaya yang cukup besar, bahkan mencapai milyaran. Dia mencoba membuktikan, banyak aspal di ruas jalan mengelupas, sehingga terkadang hancur ketika dilalui kendaraan berat.

Ia meminta kepada pelaksan proyek jalan tersebut untuk segera memperbaikinya, agar kerusakan yang lebih parah bisa dihindari.

Sementara itu, Kades Sukamulya, Nanang ketika dikonfirmasi HR, membenarkan peroyek pengaspalan jalan banyak yang sudah rusak kembali. Namun, Nanang mengaku, hingga kini pihaknya belum melihat adanya upaya pemeliharaan dari pihak pelaksana proyek.

Nanang memperkirakan, jalan yang rusak tersebut tidak akan bertahan lama, apalagi melihat kondisi cuaca yang sering tidak menentu. Untuk itu, pihaknya berharap, pemerintah kab. Ciamis, meninjau kembali proyek tersebut.

PT. Sama Jaya Pratama, H Samed, pelaksana proyek, ketika dikonfirmasi oleh HR menjelaskan, setelah selesai pengerjaan proyek, masih terdapat waktu sepanjang enam bulan untuk tahapan pemeliharaan.

Samed mengaku akan bertanggungjawab penuh terhadap perbaikan dan pemeliharaan akses utama Desa Sukamulya tersebut. Ia meminta agar pemerintahan desa dan masyarakat tidak usah mengkhawatirkan kondisi yang saat ini dihadapi.

Ia meyakini, kerusakan yang terjadi tidak separah yang ditakutkan oleh masyarakat. Ia juga mengharapkan pengertian dari semua unsur masyarakat, agar bisa mendukung pelaksanaan perbaikan.

Kasi Pemeliharaan Prasarana Jalan (PPJ) Dinas Bina Marga Kab Ciamis, Taufiq Gumilar, ketika dikonfirmasi HR, Senin (1/11) mengatakan, selama masih dalam tahap pemelihaaran, jalan tersebut masih bisa diperbaiki.

Taufiq menegaskan pihaknya akan melakukan teguran kepada pihak pelaksana proyek, agar jalan Desa Sukamulya segera diperbaiki kembali. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply