Satlantas Polres Ciamis Gelar Penyuluhan Lalin dan Bahaya Geng Motor

27/11/2010 0 Comments

Kasatlantas Polres Ciamis, AKP. Asep S, sedang memberikan penyuluhan lalin dan bahaya geng mootor ke para siswa-siswi di salah satu SMP di Ciamis. Foto : Dian Soleh Wardiana.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satuan Lalu Lintas Polisi Resort (Satlantas Polres) Ciamis, gelar penyuluhan tentang etika berlalu lintas yang baik dan mengantisipasi geng motor yang belakangan sedang marak.

Program 100 hari sosialisasi penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin dalam berlalu lintas, sehingga diharapkan bisa tercipta lalu lintas yang kondusif.

Hal itu dikatakan Kasatlantas Polres Ciamis, AKP Asep S, ketika ditemui HR Senin (22/11). Asep menjelaskan, penyuluhan yang dilakukan pihaknya dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang curanmor, bahaya geng motor, dan Kamseltibcar (keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas).

Lanjut Asep, sampai sekarang untuk lingkup kab Ciamis,  untuk geng motor tidak ada, tapi untuk club motor jumlahnya sudah mencapai 18 club. Dan pihaknya merasa club motor yang ada masih sebatas kegiatan positif.

“Program ini dilaksanakan sejak tanggal 1 November hingga 30 Januari 2011, dan beberapa sekolah yang sudah tersentuh dalam sosialisasi peyuluhan ini diantaranya, SMPN 6 Ciamis, SMKN 1 Ciamis, SMPN 2 Ciamis, SMPN 3 Ciamis, SMPN 1 Ciamis, SMK Farmasi Ciamis, SMPN 8 Ciamis, SMAN 2 Ciamis, dan MAN 2 Ciamis,” ungkapnya.

Di sisi lain, asep mengaku, pihaknya ingin lebih meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat, hal itu dilakukan demi menjalin kemitraan yang baik.

Sementara itu Wakasek Kesiswaan, SMPN 2 Ciamis, Elan Suherlan S.Pd, mengatakan, dengan adanya sosialisasi penyuluhan dari Polres, sedikit banyaknya siswa dapat mengetahui cara etika berlalu lintas yang baik, dan memahami bahaya geng motor.

Elan berharap, jalinan dan kemitraan dengan sekolah tidak hanya dilakukan karena ada program saja, melainkan bisa terjalin kemitraan yang berkesinambungan. Alasannya, kecenderungan pelajar remaja terhadap hal-hal negative terkadang lebih mudah dibandingkan kepada hal yang lebih positf.

Kabag Humas SMAN 2 Ciamis, Wiwi Dwi Hartuti S.Pd, mengatakan, dengan adanya penyuluhan dari Polres Ciamis, pihaknya merasa terbantu dalam pembinaan siswa. Dia juga berharap agar penyuluhan sperti itu bisa dilakukan secara Periodik.

Untuk menindaklanjuti hal itu, pihak SMAN 2 Ciamis, akan memasukan program penyuluhan kedalam program unggulan sekolah. Karena pihaknya merasa masih sangat memerlukan informasi yang lebih akurat dan actual. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!