Satu Hari Satu Pohon, Tak Cuma Lestarikan Lahan Gundul

20/11/2010 0 Comments

Cipaku, (harapanrakyat.com),- Penanaman satu hari satu pohon (Sasapon) yang dilakukan di Dusun Bangbayang Kidul, Kec. Cipaku, Kab. Ciamis, berlangsung dari tanggal 8-10 November lalu, merupakan salah satu cara untuk memproteksi lahan gundul yang rawan longsor.

Bukan hanya itu, penanaman satu hari satu pohon juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, yaitu dengan menanam kakao (coklat).

Kegiatan yang baru kali pertama dilaksanakan di daerah tersebut, mendapat antusias dari warga. Hal itu terbukti, banyaknya kaum ibu di Dusun Bangbayang sudah melakukan penanaman kakao di lahan milik mereka.

Rudi Hendra, Kades Bangbayang, ketika ditemui HR, Sabtu (13/11), mengatakan, program sasapon diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menyatu dengan alam.

Dan masyarakat, khususnya kaum ibu menjadi terbina kreatifitasnya, sehingga mereka tidak selalu bergantung kepada suami. Kaum ibu di desa Bangbayang kini tengah menunggu hasil dari menanam coklat.

Pihak desa berharap, hasil berkebun coklat mampu menunjang perekonomian warganya. “Jadi, dengan memelihara alam agar tetap lestari dengan memanfaatkan hasil bumi bagi kesejahteraan warga, inti program sasapon ini,” tandas Rudi. (Ji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply