SDN 1 Purwaharja Menggapai Predikat Sekolah Sehat Se-Priatim

14/11/2010 1 Comment

Seorang siswa yang sakit tengah berbaring di ruang UKS. Fasilitas UKS di SD N 1 Purwaharja telah dilengkapi tempat cuci tangan mengalir, sabun dan sikat gigi untuk setiap siswa. Foto : Eva Latifah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),- Setelah menjadi juara I dalam lomba Sekolah Dasar (SD) Sehat se-Kota Banjar, untuk selanjutnya SD Negeri 1 Purwaharja diikut-sertakan pada lomba SD Sehat tingkat wilayah Priangan Timur mewakili Kota Banjar.

Kepala SD Negeri 1 Purwaharja, Dra. Nani Herliani, mengatakan, lomba SD Sehat tingkat Priangan Timur dilaksanakan pada 25 Oktober lalu, dan saat ini tinggal menunggu hasilnya.

Namun, pihak sekolah belum mengetahui kapan waktu pengumuman pemenangnya, karena tim penilai masih melakukan penilaian terhadap sekolah-sekolah di daerah lain.

Yang menjadi kriteria sehat dalam penilaian lomba tersebut, lanjut Nani, semua ruangan dinilai kebersihan dan kesehatannya, termasuk tanaman di sekitar lokasi sekolah meliputi tanaman hias dan toga.

“Fasiliatas SD sehat itu harus sesuai kriteria, diantaranya yaitu rombongan belajar harus sesuai dengan jumlah siswa, kamar mandi atau WC juga harus sesuai jumlah siswa dan disediakan tisu serta tempat sampah tertutup. Kemudian, harus ada perpustakaan, ruang kesenian, dan terdapat dokter kecil sebanyak 10 persen dari jumlah keseluruhan siswa,” tuturnya, Selasa (9/11).

Selain itu, di setiap kelas harus ada tempat cuci tangan mengalir, jajanan di kantin jangan ada makanan yang menggunakan pewarna dan makanan harus terbungkus. Untuk UKS ada pembinaan bagi Usaha Kesehatan Gigi.

Fasilatas di UKS dilengkapi dengan tempat cuci tangan mengalir, sabun, dan sikat gigi untuk setiap siswa. Sikat gigi tersebut digunakan siswa sehabis olah raga, sehingga kesehatan giginya selalu terjaga.

“Bukan hanya itu, kerjasama dengan pihak komite sekolah dan orang tua murid pun harus ada, jadi kesinergisannya juga dinilai. Dan di sekolah kami sudah sesuai dengan semua kriteria tersebut,” ucapnya.

Dijelaskan Nani, jumlah keseluruhan siswa di SD Negeri 1 Purwaharja sebanyak 219 anak, serta 9 rombel. Kemudian, ruang kesenian, UKS, perpustakaan, dan dapur masing-masing 1 ruang. Sedangkan, 1 ruangan kantor meliputi ruang guru dan kepala sekolah.

“Kalau WC itu ada 8 ruang, karena disesuaikan dengan jumlah siswa. Dan juga terdapat 4 kantin sekolah,” ujarnya.

Nani menambahkan, agar anak-anak terbiasa berprilaku hidup sehat, baik di sekolah maupun di rumah, maka di lokasi sekolah sengaja diperbanyak spanduk yang bertuliskan pesan kesehatan dan kebersihan.

Lantaran, dengan sering melihat serta membaca pesan-pesan tersebut mereka akan hafal dan teringat terus. Hal itu menjadi pemicu bagi anak-anak untuk selalu melakukan budaya bersih dan sehat.

Sebagai SD sehat, selama ini SD Negeri 1 Purwaharja juga mendapat pembinaan dari pihak UPT Kecamatan Purwaharja, Puskesmas, kelurahan, kecamatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama, dan pembinaan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjar.

“Mudah-mudahan di tingkat wilayah Priangan Timur sekolah kami menjadi juara lagi, sehingga bisa mengikuti ke tingkat provinsi. Dan sekarang kami sedang harap-harap cemas menunggu hasil penilaian,” pungkas Nani. (Eva)

About author

Related articles

1 Comment

  1. doni September 07, at 20:51

    Wah hebat mun sakola di urang kieu kabeh indah meren ........dunia pendidikan memang No.1, cikal bakal penerus bangsa aya didinya , mangga kantun di contoh ku sakola nu sanes na ......sundul dul......dul......dul

    Reply

Leave a Reply