Transformasi & Inovasi Tiada Henti Ciptakan Media Lokal Profesional

14/11/2010 1 Comment

Kata yang terucap kali pertama disaat surat kabar Harapan Rakyat memasuki usia ke 7, tiada lain; Alhamdulillah Ya Robb. Di usianya yang masih belia ini, Harapan Rakyat mampu terus bertransformasi menuju pencapaian sebuah media lokal yang mampu menyuguhkan berita berimbang dan transparan dengan sudut pandang objektivitas.

Selain itu, kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan yang selama ini telah bersama membangun dan membesarkan HR, serta kolega, mitra, dan seluruh pembaca setia Harapan Rakyat, yang kian lama semakin mencintai HR. Karena inilah surat kabar pituin untuk wilayah Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis.

Berdiri pada 10 November 2003 lalu, surat kabar Dwi Mingguan Harapan Rakyat terus berinovasi untuk menjadi media lokal yang kapabel di wilayah peredarannya. Maka pada usia ke – 5, surat kabar Harapan Rakyat atau yang dikenal HR, berubah menjadi surat kabar mingguan, tepatnya pada (Edisi 106/3 September 2008).

Kini HR telah mampu hadir di khalayak masyarakat Kota Banjar dan Kab. Ciamis menjadi surat kabar mingguan selama 3 tahun penuh. Inovasi di usianya yang ke – 7, kami mencoba hadir dalam layanan edisi digital pada November 2010.

Pembaca setia HR kini mampu mengakses berita edisi digital melalui www.harapanrakyat.com. Edisi digital ini berdasarkan banyaknya permintaan para pembaca setia HR yang berada jauh diluar kota, yang ingin mengetahui perkembangan kampung halamannya dari perantauan.

Keinginan itu kami rasakan tidak berlebihan, sebab ditengah gempuran industrialisasi Pers yang semakin menjalar. Tuntutan kecepatan penyajian sebuah informasi semakin dibutuhkan. Selain itu, masyarakat Banjar dan Ciamis yang berada jauh dari kampung halamannya, sangat menginginkan informasi mengenai daerahnya.

Sebagai media yang terbit mingguan, HR akan terus mempertahankan ciri karakteristik pemberitaan cover size investigation, dengan memaparkan sebuah kejadian secara komprehensif, dengan data dan fakta.

Membangun media lokal professional terus kami lakukan dengan dukungan para jurnalis muda yang kami miliki. Hal itu dilakukan, agar masyarakat yang berada didaerah peredaran kami dapat mengetahui secara pasti perkembangan pembangunan atau kejadian diwilayahnya, secara detail tersuguh dalam sebuah media cetak dan edisi digital.

Diakhir prakata ini, kami ucapkan rasa syukur dan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pembaca setia HR serta kolega dan mitra, yang selama ini mendorong kami untuk terus bertransformasi dan inovasi tiada henti. Kritik dan saran dari pembaca merupakan semangat terbaik kami, untuk terus berusaha keras menjadikan HR sebagai media lokal yang terpercaya. (Subakti Hamara/Pimpinan Redaksi surat kabar Harapan Rakyat)

About author

Related articles

1 Comment

  1. nuraziz May 07, at 08:37

    semoga harapan rakyat semakin maju dan semakin up to date dalam penyajian beritanya khususnya edisi digitalnya, karena sangat membantu dalam memberikan informasi kampung halaman bagi saya yang jauh di perantauan.

    Reply

Leave a Reply