Infrastruktur Penunjang Terminal Kawali Belum Lengkap

17/12/2010 1 Comment

Terminal Kawali yang sekarang akses jalan masih kurang memadai dan terlalu sempit untuk dilalui mobil besar. Foto : Eji/HR.

Kawali, (harapanrakyat.com),- Keberadaan Terminal Kawali dianggap oleh masyarakat masih belum berguna. Alasannya, sarana inftratruktur akses jalan yang mendukung terminal masih kurang memadai dan terlalu sempit untuk dilalui mobil besar.

Daday Herdana Praja, tokoh masyarakat setempat, ketika ditemui HR, Minggu (10/12) mengatakan, bahwa kebutuhan sarana dan prasarana insfrastruktur pendukung terminal belum seluruhnya terpenuhi.

“Meski pembangunan terminal sesuai dengan yang direncakanakan, namun sarana pendukungnya kurang baik, yakni akses kelaur masuk menuju terminal yang masih tergolong sempit. Tentunya akan menghambat fungsi terminal itu sendiri,” ungkapnya.

Untuk itu, Daday meminta agar Pemkab. Ciamis meninjau ulang pembangunan terminal. Kemudian mengambil langkah untuk melakukan pembenahan dengan menambah luas jalan agar bisa dilalui kendaraan besar seperti bus.

Belum lagi kata Daday, selain terkendala jalan masuk menuju terminal yang kecil, akses terminal juga terhalang tembok pembatas TPA yang ada di sekitar terminal.

Senada dengan itu, Dadang Kusmayadi, ketika ditemui HR, Senin (13/12) mengatakan, terganggunya kelancaran kluar masuk transportasi menuju terminal, selain diakibatkan oleh sempitnya jalan, keberadaan TPA pun menjadi penyebabnya.

Mrnurut Dadang, untuk kelancaran trasportasi di terminal, lewbih baik TPA dipindahkan ke tempat lain. Dengan demikian, jalur lalu lintas di terminal tidak terganggu.

Hasil pantauan Dadang menyebutkan, semenjak dibangunnya terminal, tahun 2000 hingga sekarang, kegiatan transportasi di wilayah Kawali menjadi lebih meningkat. Untuik itu, sewajarnya jika kec. Kawali mendapatkan perhatian dalam hal pembangunan dan penataan wilayah. (es/dji)

About author

Related articles

1 Comment

  1. Urang Sunda Lain Si Kabayan September 07, at 21:01

    Sok lah kawali atuh sing jadi maju mun terminalna badag meren angkutanna bakal nambahan ageungan we terminal sakanteunan .................................siiiip maju terus kawali................kadituna kamana tah????????

    Reply

Leave a Reply