Jalan Sukamanah Rusak Parah, Akibat Angkutan Berat Proyek LP

17/12/2010 0 Comments

Jalan sepanjang kurang lebih 300 meter di Lingkungan Sukamanah, Kelurahan Pataruman rusak parah. Tampak pengendara sepeda motor berhati-hati saat melintas di jalan yang rusak. Foto : Redy Kurniawan/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Kondisi jalan sepanjang kurang lebih 300 meter di Lingkungan Sukamanah, Kelurahan Pataruman, mengalami kerusakan cukup parah. Sebagian badan jalan dipenuhi lumpur dan batu, akibat lapisan aspalnya telah terkelupas.

Padahal, menurut keterangan warga, jalan tersebut sudah dua kali mendapat perbaikkan dari pemerintah kota. Namun, karena sering dilalui kendaraan berat pengangkut bahan material untuk pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (LP), maka jalan menjadi cepat rusak.

Adul (47), salah seorang warga RT 07/11, Lingkungan Sukamanah, Kelurahan Pataruman, saat dijumpai HR, Sabtu (11/12), mengatakan, selain kendaraan pengangkut bahan material, juga banyak dilewati mobil truk pengangkut kayu besar dari hutan.

“Otomatis jalan cepat rusak, karena kontruksinya bukan diperuntukkan kendaraan bermuatan berat. Selama pembangunan LP masih berlangsung, sepertinya pemerintah kota tidak akan memperbaikinya, lantaran percuma. Selama ini dari pihak pemborong yang membangun LP, hanya menutupi kerusakan jalan dengan batu saja,” tuturnya.

Dikatakan Adul, jalan tersebut merupakan penghubung antara Lingkungan Sukamanah, dengan Pangadegan, dan Curug Taneuh. Sehingga setiap hari banyak dilalui aktifitas warga, terutama mereka yang akan ke wilayah perkotaan, misalnya ke pasar.

Kondisi kerusakan seperti itu, membuat para pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati ketika melintasinya. apalagi jika malam hari, lantaran tidak tersedia fasilitas penerang jalan.

Dedi (35), warga Pangadegan, yang kebetulan lewat mengatakan, bahwa dirinya setiap hari pergi ke Pasar Banjar melalui jalan Sukamanah karena jaraknya lebih dekat.

“Sebetulnya ada juga jalan lain dari Pangadegan ke Banjar, yaitu keluarnya lewat Tanjugsukur. Tapi itu kejauhan, dan jalannya juga sama jelek. Kalau lewat Sukamanah lebih dekat, cuma kita harus hati-hati, sebab rusaknya lebih parah. Apalagi kalau hujan atau malam hari, sudah gelap, licin lagi,” ucapnya.

Mereka berharap, pembangunan LP bisa cepat selesai, dan pemerintah kota melakukan perbaikkan kembali. Hal itu penting supaya aktifitas warga dapat berjalan lancar. (Redy)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply