Lapang Sepakbola SMA 1 Cisaga Hancur Tergerus Erosi

09/12/2010 0 Comments

Cisaga, (harapanrakyat.com),- Lapangan sepakbola milik SMA Negeri 1 Cisaga hancur tergerus erosi. Hal itu disebabkan posisi lapangan tersebut berada di bawah bangunan sekolah, sementara air hujan yang berasal dari atas (bangunan sekolah), langsung menuju lapangan, tanpa adanya saluran air. Akibatnya, tanah di seluruh lapangan tersebut tergerus oleh air dimana ketika terjadi hujan.

Kepala SMA Negeri 1 Cisaga, Drs. Yaya Suhyadi, mengatakan, apabila tidak segera dibenahi saluran air menuju lapangan sepakbola, dipastikan kerusakan akibat erosi akan semakin parah. “ Saat ini saja, tanah di beberapa sudut lapangan sudah berlubang-lubang akibat tergerus oleh air hujan,” ujarnya, ketika menghubungi HR via telepon, Sabtu (4/12).

Yaya berharap, adanya bantuan dari Pemkab Ciamis untuk membenahi lapangan tersebut. “ Sebetulnya sudah pernah ada peninjauan dari dinas terkait ke lapangan sepakbola ini. Tetapi, hingga saat ini, belum ada realisasi untuk segera membenahi kerusakan lapangan ini, “ ungkapnya.

Menurut Yaya, untuk menanggulangi kerusakan akibat erosi tersebut, perlu segera dibangun saluran air dari atas bangunan menuju selokan yang berada di pinggir lapang. “ Juga perlu dibangun kirmir dipinggir lapangan dan dipasang boronjong di bawah lapang. Hal itu untuk memperkuat posisi tanah agar tidak tergerus oleh air hujan,” imbuhnya.

Yaya mengaku dengan terjadinya kerusakan lapangan sepakbola, mengakibatkan proses pembelajaran olahraga di sekolahnya, terganggu. “ Di samping itu pun masyarakat yang berada di sekitar sekolah tidak bisa memanfaatkan lapangan sepakbola. Makanya, kita meminta Pemkab segera turun tangan, “ pungkasnya. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!