Obyek Wisata Situ Wangi Dibiarkan Sareuseuk

04/12/2010 1 Comment

Obyek Wisata Situ Wangi yang kini kondisinya sangat memprihatinkan dan dibiarkan sareuseuk

Kawali, (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga menyayangkan keberadaan Obyek Wisata Situ Wangi yang berada di Dusun Hayawang Desa Winduraja yang kondisinya sangat memperihatinkan. Padahal apabila ditata dengan baik, bisa menajdi kawasan wisata yang bisa diandalkan mengeruk Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi kab. Ciamis.

Dadang Kusmayadi, Anggota DPRD kab Ciamis, ketika dimintai tanggapan oleh HR, Minggu (28/11) mengatakan, keberadaan objek wisata Situ Wangi sangat berpotensi untuk dijadikan penghasil PAD.

Hanya saja, kondisinya saat ini, menurut Dadang, belum layak untuk menjadi kawasan wisata andalan. Karena pengembangan kawasan Situ Wangi tersebut masih terkendala penataan.

Ia menjelaskan, pada tahun 2007, daerah Situ Wangi sudah masuk pada perencanaan pengembangan objek wisata. Namun, pada kenyataannya, hingga kini pengembangan kawasan Situ Wangi belum juga direalisasikan.

Selain itu, pada tahun yang sama, Badan Pengembangan Sumber Daya Alam (BPSDA) wilayah Priangan sudah membangun tebing penahan situ.

Untuk itu, Dadang sangat menyesalkan, kenapa kawasan Situ Wangi dibiarkan sareukseuk. Dadang berharap, pemerintah kab. Ciamis segera merealisasikan pembangunan dan penataan, karena tidak menutup kemungkinan, kawasan tersebut menjadi aset pemkab. Ciamis.

Dadang menambahkan, demi menghadapi rencana pemisahan Kab. Pangandaran, pihaknya meminta agar pihak pemerintah sudah harus berbenah diri, khususnya untuk di  Wilayah Ciamis Utara.

Kepala Desa Winduraja, Endang Suryaman, yang didampingi Ketua BPD, Asep ketika dikonfirmasi HR, Selasa (30/11) menjelaskan, bahwa kawasan Situ Wangi belum mendapatkan perhatin dan penataan layaknya obyek wisata.

Asep mengungkapkan, luas wilayah Situ Wangi mencapai 4,7 hektar. Sementara ini, pengelolaanya dilakukan oleh pihak desa. Hanya saja, Asep dan Endang berharap, pemerintah segera meninjau kembali potensi yang dimiliki Situ Wangi. Setelah itu, pengembangan, penataan dan penambahan sarana prasarana bisa dilangsungkan. (es)

About author

Related articles

1 Comment

  1. Raihan December 26, at 07:30

    Memprihatinkan sekali ,padahal itu satu-satunya aset wisata untuk Desa Winduraja.Semoga pemerintah cepat turun tangan untuk mengelolanya.Makasih sudah share disini.

    Reply

Leave a Reply