PT. AHM & SMK Taruna Bangsa Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

09/12/2010 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bersama PT. Astra Honda Motor (AHM), SMK Taruna Bangsa menggelar acara sosialisasi “ Keselamatan Berkendara” atau dikenal dengan safety riding, Kamis (2/12) pekan lalu.

Berlokasi di lingkungan sekolah kejuruan swasta ternama di Ciamis tersebut, acara yang terdiri dari pemaparan dan simulasi berkendara yang baik, juga diikuti oleh praktek berkendara yang baik yang diisi oleh jajaran Satlantas Polres Ciamis dan PT. AHM, mendapat antusiasme luar biasa dari ratusan siswa-siswinya.

“ Tujuan dari kegiatan sosialisasi safety riding ini, semata agar siswa dan siswi kami memahami sekaligus bisa mempraktekan cara berkendara yang baik dan aman. Dan agar tumbuh jiwa tanggung jawab dan disiplin sebagai warga negara yang baik dalam hal berkendara. “ ungkap Kepala SMK Taruna Bangsa, Agus Gusanto, SP.d, kepada HR usai acara.

Agus menambahkan dengan pemahaman safety riding tersebut, diharapkan siswa di sekolahnya bisa membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“ Secara umum seperti itu, kami ingin berkontribusi karena keselamatan berkendara di jalan raya harus menjadi tanggung jawab bersama,” ungkapnya

Ditemui terpisah, Ketua Yayasan SMK Taruna Bangsa, Yusuf Firman berharap acara seperti ini bisa dimanfaatkan generasi muda khusunya siswa untuk menerapkan nilai-nilai tanggung jawab dalam berkendaraan.

“ Kami ingin mencoba dari lingkungan pendidikan yang mempunyai dampak luas dimana para siswa tersebut bisa menularkan ilmu dan keterampilan yang didapat kepada siswa lain, atau bahkan keluarga mereka di rumah,” katanya.

Yusuf menambahkan, sosialisasi safety riding di sekolahnya terselenggara berkat jalinan yang baik selama ini antar sekolahnya dengan pihak pemerintah, aparat kepolisian dan dunia swasta.

“ Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini, seperti Dinas Pendidikan, DPRD Ciamis, Polres Ciamis , Tim Independen Pengawas  Kepolisian Polres Ciamis, PT AHM, Adira Finance dan PT Indosat Tbk,” tambahnya.

Anggota Tim Independent Pengawas Kepolisian Polres Ciamis, H. R. Masmu mengatakan pihaknya sangat apresiasi terhadap kegiatan acara yang diselenggarakan oleh SMK Taruna Bangsa tersebut.

“ Jelas kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Selain itu juga, bahwa  SMK Taruna Bangsa telah membuktikan diri sebagai SMK yang mampu mengimplementasikan konsep SMK Bisa, dengan jalinan relasinya dengan pihak swasta. Dan kegiatan ini pun sebagai wujud nyata dunia pendidikan dalam membantu program pemerintah dan kepentingan masyarakat banyak,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah ( Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, Drs. H. Nana Ruhena, M.Pd, mengaku bangga dengan terobasan yang selalu dilakukan oleh SMK Taruna Bangsa.

“ Setiap event kegiatan yang dilakukan oleh SMK Taruna Bangsa pasti menggandeng pihak swasta yang berkaitan dengan dunia usaha. Hal itu merupakan terobosan positif dalam menyingkronkan antara dunia pendidikan SMK dengan dunia usaha. Hal itu juga bisa digunakan sebagai media pengenalan siswa terhadap dunia usaha,” ungkapnya.

Nana pun menilai bahwa SMK Taruna Bangsa merupakan SMK swasta terbaik di Kab. Ciamis. “ Saya selalu mengatakan di berbagai rapat kepala sekolah SMK bahwa konsep pembelajaran dan manajemen SMK Taruna Bangsa merupakan terbaik di antara SMK swasta di Kab. Ciamis. Dan saya selalu meminta agar SMK swasta lainnya mencontoh keberhasilan SMK Taruna Bangsa, “ pungkasnya. (DK/Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply