Ratusan Anak RA dan TK Ikuti Pelatihan Manasik Haji

17/12/2010 0 Comments

Kegiatan manasik haji yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Raudhatul Afthal (IGRA) Kota Banjar tingkat Raudhatul Athfal (RA) dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kota Banjar, (8/12). Foto : Abdullah Mukhlis/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Ikatan Guru Raudhatul Afthal (IGRA) Kota Banjar mengadakan kegiatan manasik haji tingkat Raudhatul Athfal (RA) dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kota Banjar, (8/12), yang diikuti oleh 800 anak dari 28 RA/TK.

Semula acara tersebut akan dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjar,Hj Ade Uu Sukaesih SIP, namun karena berhalangan hadir, maka diwakilkan kepada Hj Heni Yayat Supriyatna.

Dalam sambutannya Heni mengatakan, pendidikan agama sejak usia dini sangat penting, hal itu sejalan dengan perkembangan fisik anak yang mempunyai memori sangat kuat.

“Maka dari itu tanamkan lah pendidikan agama pada anak-anak agar mereka tumbuh berkembang secara optimal dan Islami dikemudian hari,” kata Heni.

Ketua panitia kegiatan, H Oyon Supyan Abdul Hadi dalam sambutannya mengatakan, acara manasik haji bagi anak usia dini, diharapkan ajaran Islam dapat dengan mudah tertanam pada diri anak-anak.

Dan kegiatan yang sama akan dilakukan setiap tahun. Tujuannya agar anak senantiasa mengenang dan mencintai ajaran Islam, sebab hal itu termasuk dalam rukun Islam ke lima, yakni ibadah haji bisa dilaksanakan bagi yang mampu.

“Kalau kita sudah mengenal dan mengenang, lalu ada rasa ingin melaksanakan ibadah haji, maka dengan cita-cita itu anak akan berupaya keras untuk meraihnya. Jadi kegiatan ini ada makna positif di dalamnya,” tuturnya.

Pendapat serupa dikatakan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjar, H Undang Munawar. Dalam sambutannya dia membacakan sebuah hadist nabi yang artinya ambilah manasik haji dariku.

“Maka dari itu, pada intinya penyerapan pendidikan pada waktu kecil sangat berkesan dan mudah tercerna. Kegiatan manasik haji tingkat RA/TK, tentu sangat berdampak positif pada anak,” ujarnya. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!