Ribuan Kendaraan Bermotor Ikuti Pawai Taaruf 1 Muharam

09/12/2010 0 Comments

Ribuan kendaraan bermotor siap diberangkatkan dari Alun-alun Kota Banjar untuk mengikuti pawai taaruf dalam peringatan Tahun Baru 1432 Hijriyah. Foto : Abdulloh Muklis.

Desa Situbatu gelar berbagai kegiatan meriahkan tahun baru Islam

 

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sudah menjadi agenda tahunan bagi Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Banjar, setiap tanggal 1 Muharam (Tahun Baru Hijriyah) selalu mengadakan pawai taaruf. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara Tahun Baru 1432 Hijriyah dilaksanakan di Alun-alun Kota Banjar dan dibuka Walikota Banjar DR dr H Herman Sutrisno MM, Selasa (7/12).

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Kapolresta, Kapolsekta, tokoh masyarakat dan beberapa utusan dari organisasi masyarakat.

Ketua PHBI Kota Banjar, H. Kaswad MpdI., mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan itu untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Dinnul Islam, sebagai pedoman hidup manusia, agar selamat dunia dan akhirat.

Pada perayaan 1 Muharam kali ini, kami mengambil tema, Dengan tahun baru Islam 1432 H, mari kita tingkatkan kwalitas ibadah ritual dan kesolehan sosial,€ jelasnya.

Kaswad menambahkan, jumlah kendaraan bermotor yang ikut dalam pawai ta€™aruf sebanyak 1500 unit roda dua, dan 1000 unit roda empat. Pesertanya meliputi Organisasi Perangkat Daerah se-Kota Banjar, ormas Islam, siswa-siswi sekolah mulai dari tingkat Diniyah/TPA, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, pondok pesantren, Perguruan Tinggi, dan majelis taklim.

Pawai dilepas Walikota dari Alun-alun Kota Banjar dengan rute yang dilalui diantaranya Parungsari, Purwaharja, Karangpucung, Jajawar, Cibeureum, Ampel Koneng, Situbatu, Jl. DR Husein Kartasasmita, Pamongkoran, Sumanding, Pasar Langensari, Panatasan, Doboku dan berakhir kembali di Alun-alun Kota Banjar.

Desa Situbatu Meriahkan 1 Muharam Gelar Berbagai Kegiatan

Dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1432 Hijriyah, sekaligus tasyakuran gedung baru Desa Situbatu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Situbatu, mengadakan berbagai macam kegiatan perlombaan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin (6/12), diantaranya Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI), Qiroatul Kutub, MTQ, Kaligrafi, Rebana, membaca Al Barzanji, khitanan massal, serta pawai ta€™aruf mengelilingi wilayah Desa Situbatu dan Neglasari. Kemudian pada malam harinya diisi acara tabigh akbar.

Menurut Ketua PHBI Desa Situbatu, Ustad Heri Kurnia SpdI, mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar. Hal ini berkat partisipasi dari masyarakat yang sangat antusias menyambut datangnya Tahun Baru Islam.

Dari tahun ke tahun, memang kegiatan ini selalu mengalami peningkatan. Kami berharap, kedepannya akan lebih meriah lagi. Dan materi perlombaan lebih banyak lagi, katanya.

Karena, lanjut dia, dengan cara seperti itu anak-anak akan meneruskan perjuangan syiar Islam di masa depan. Lantaran, maju mundurnya syiar Islam di masa yang akan datang tergantung pada anak-anak.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Situbatu, Iskandar, mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan diadakannya acara tersebut.

Kami dari pihak aparat Desa Situbatu mengucapkan terima kasih kepada BPD, LPM dan semua pihak yang terkait acara ini, serta kepada masyarakat Desa Situbatu. Kami berharap acara seperti ini dapat dipertahankan oleh masyarakat, katanya. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!