SDN 2 Purwaharja Bangun Dua Kelas Baru Dari DPPIP

04/12/2010 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Purwaharja mendapat bantuan penambahan ruang kelas baru (RKB), yang didanai oleh APBN, melalui program Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pendidikan (DPPIP), tahun 2010, sebesar Rp212.640.218.

Karena dananya cukup besar, maka pengerjaan pembangunan diserahkan kepada pihak ke tiga, yang mendapatkan lelang melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Lokasi yang digunakan untuk pembangunan dua lokal ruangan tersebut, bertempat di sekitar perumahan Griya Banjar Raharja, tepatnya di Lingkungan Haurmukti, Kelurahan Purwaharja. Karena, jika dibangun di tempat yang sama, tidak memungkinkan lantaran lahannya sempit.

Selain itu juga, karena siswa SDN 2 Purwaharja kebanyakan berasal dari wilayah Haurmukti, sehingga nantinya mereka tidak terlalu jauh ke lokasi sekolah. Rencananya, satu lokal akan digunakan untuk ruang kelas 1, dan satu lokal lagi digunakan sebagai kantor.

Kepala SD Negeri 2 Purwaharja, E Tursino, saat ditemui HR beberapa waktu lalu mengatakan, sebetulnya jika di lokasi sekolah yang lama masih ada lahan kosong, pihak pemerintah kota akan memberi bantuan anggaran bagi kebutuhan sarana perpustakaan dan UKS.

Bahkan, direncanakan SD Negeri 2 Purwaharja akan dimarger, dan pindah ke Harurmukti, namun pembangunannya dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama hanya dua lokal.

“Di lokasi yang lama, kita masih kekurangan ruang kelas. Untuk kelas 1, 3 dan kelas 4 terdiri dari dua rombel, sedangkan jumlah ruang yang ada hanya 6 kelas dan 1 ruang guru. Tapi, bangunan ruangan guru bukan dari pemerintah, melainkan hasil swadaya antara komite sekolah dengan orang tua murid. Kalau lahannya milik desa, jadi statusnya hak guna pakai,” jelas Tursino.

Tursino mengatakan, lokasi SDN 2 Purwaharja berdampingan dengan SDN 1 Purwaharja, yang merupakan sekolah induk. Maka dampaknya, setiap tahun ajaran baru jumlah murid selalu bertambah.

Ditemui di tempat terpisah, Selasa (30/11), Kasi Sarana Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Banjar, sekaligus Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Surdam SIP MM., membenarkan bahwa, SDN 2 Purwaharja mendapat bantuan dua lokal RKB dari APBN.

“Bantuan tersebut memang untuk ruang kelas, tapi penggunaannya nanti itu tergantung pihak sekolah. Apakah semuanya akan digunakan untuk ruang kelas, atau hanya satu ruang saja, itu silahkan sekolah yang mengatur sesuai kebutuhannya,” kata Surdam. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply