Soal Pengerukan Situwangi, BBWSC Sudah Ajukan ke Kementerian PU

23/12/2010 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Menanggapi adanya permintaan dari warga Dusun Hayawang, Desa Winduraja, Kec. Kawali, Kab. Ciamis, mengenai pengerukan Obyek Wisata Situwangi, seperti dilansir HR edisi 208, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWSC), Ir. Agus Raharjo, melalui Bagian Humas BBWSC, H. Iim Adiredja, mengatakan, permintaan tersebut sudah diajukan pihaknya ke Kementerian Pekerjaan Umum.

Kalau pengajuan untuk pengerukan dan pembenahan Situwangi yang diajukan disetujui, berarti pengerjaannya bisa dilakukan oleh BBWSC. Menurut Iim, pengajuan tersebut berdasarkan usulan yang diterima BBWSC dari masyarakat setempat, melalui DPRD Kab. Ciamis.

“Dipanya memang sudah diusulkan ke departemen oleh BBWSC, dan itu masuknya Dipa tahun 2011. Tapi kami belum bisa memastikan kapan waktu pelaksanaan untuk pengerjaannya, karena belum ada realisasinya. Sampai saat ini juga kami masih menunggu, mudah-mudahan bisa terealisasi tahun 2011 mendatang,” jelasnya, Kamis (16/12).

Iim mengatakan, semua pekerjaan yang melalui BBWSC terlebih dahulu harus menempuh beberapa tahapan, karena pembiayaannya langsung dari APBN.

Kemudian, untuk Situwangi, pekerjaan yang sudah selesai dilakukan BBWSC adalah pembangunan tembok penahan tebing di sekitar Obyek Wisata Situwangi.

“Pengerukkan dan pembenahan Situwangi memang sangat diperlukan, agar kawasan tersebut menjadi obyek wisata andalan bagi masyarakat sekitar. Juga untuk menahan debit air yang induknya ke Sungai Citanduy,” ujarnya.

Hal itu sangat berdampak pada warga sekitar, sehingga ketika turun hujan, air tidak terbuang percuma ke laut. Dan saat musim kemarau, kebutuhan masyarakat terhadap air bisa terpenuhi. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!