Tingkatkan Kwalitas Tenaga Pendidik

23/12/2010 1 Comment

Upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-65 di Alun-alun Kota Banjar, Senin (20/12). Foto : Redy Kurniawan/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com).- Upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-65 dilaksanakan di Alun-alun Kota Banjar, Senin (20/12).

Dalam sambutannya, Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., mengatakan, pilar utama kemajuan bangsa adalah dengan memajukan pendidikan serta meningkatkan ilmu pengetahuan bagi guru itu sendiri.

”Berikan program yang dapat meningkatkan pendidikan, selain itu guru juga harus mengajar dengan baik, dan mampu berimprovisasi, berdiskusi, bekerjasama dengan pemerintah supaya dunia pendidikan menjadi lebih baik,” katanya.

Guru merupakan pendidik dan pengajar di sekolah. Tugasnya bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, akan tetapi memberikan pendidikan moral, sehingga prilaku siswa menjadi lebih baik.

Sementara itu, mananggapi makna peringatan Hari Guru Nasional, Kepala SMA Negeri 3 Banjar, Drs. Kusdiaman, M.Pd., mengatakan, dulu, profesi guru jarang dilirik banyak orang. Setiap yang akan kuliah rata-rata mengambil Fakultas Ekonomi.

Namun sekarang  berbalik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi  tujuan orang tua untuk menguliahkan putra-putrinya. Hal itu karena profesi seorang guru dipandang lebih terhormat dan gajinya pun cukup besar.

Ditambah adanya sertifikasi bagi guru, ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan keprofesionalan guru. Dengan diterbitkannya UU Guru dan Dosen No. 14/2005, pemerintah mewajibkan seorang guru dan dosen mengikuti sertifikasi untuk menguji kelayakannya dalam mengajar. (Redy)

About author

Related articles

1 Comment

  1. Toto January 05, at 17:44

    ok ditingkatkeun tp DUIT ti pusat ulah dililakeun wae yeuh geus 2 bulan duit sertifkasi can cair2!!!

    Reply

Leave a Reply