Amien; Untuk Berwirausaha Jangan Hanya Wacana

20/01/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kesempatan berwirausaha di era jaman yang serba maju sekarang ini tidak hanya sebatas wacana saja, melainkan harus diikuti dengan praktek nyata di lapangan. Jika tidak, ilmu yang diperoleh mahasiswa/ siswa dalam pendidikan tidak bisa diterapkan dalam keseharian.

Hal itu disampaikan Amin Santono, S.Sos, anggota DPR RI F-Demokrat pada acara seminar perkoperasian yang diselenggarakan di Auditorium Univeritas Galuh (Unigal) belum lama ini.

Amin menjelaskan, seandainya mahasiswa hanya berkutat dalam dunia wacana, bagaimana akan terasa manis dan pahitnya merealisasikan ilmu yang sudah diserap. Dan keterampilan berwirausaha tidak pernah akan terbentuk.

Padahal, imbuh Amin, Pemerintah Pusat sudah banyak memberikan program stimulus kewirausahaan kepada masyaraakat, salah satunya program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dalam hal ini, seharusnya mahasiswa bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuktikan bahwa apa yang dipeolehnya selama ini bisa berguna bagi kehidupannya di masa yang akan datang.

Karena dengan praktek kewirausahaan, mahasiswa selain belajar berusaha, juga dapat melatih mental kemandirian untuk menciptakan lapangan pekerjaan.            Dan melalui hal itu juga, peluang daya serap lulusan kampus di dunia kerja bisa terwujud.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Ciamis, Dr. Agus Try, ketika dimintai tanggapan oleh HR, Selasa (17/1) mengatakan, bahwa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, tentunya harus bisa menangkap peluang-peluang usaha yang potensial.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kab. Ciamis, Drs. H. Asep Sudarman, mengatakan, bahwa pihaknya berharap para mahasiswa bisa belajar praktek kewirausahaan sedini mungkin

Koordinator Trade Company Potensi Daerah Kab. Ciamis, Tatang Djauhari, mengatakan, bahwa potensi penggalian komoditas lokal untuk dijadikan usaha sangatlah terbuka lebar.

“Jika dilihat dari potensi lokal Ciamis, banyak komoditas yang pangsa pasarnya sangat terbuka, mulai dari bahan mentah hingga bahan jadi, contohnya seperti gula merah. Di kami, gula merah sudah dikemas dalam bentuk yang menarik dan bisa dijadikan cemilan, hal ini juga berpeluang untuk kerjasama dengan pengusaha pemula,” katanya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply