Dewan Siap Fasilitasi Peternak Dapatkan IB Terjangkau

13/01/2011 Berita Banjar
Dewan Siap Fasilitasi Peternak Dapatkan IB Terjangkau

Seorang peternak di kelompok tani Anom Jaya tengah memberikan pakan rumput segar kepada ternak sapi peliharaannya. Mereka berharap pihak Pemkot mampu memberikan fasilitas IB yang terjangkau bagi mereka. Foto : Subakti Hamara/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah kota Banjar melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, telah menyerahkan bantuan 100 ekor sapi kepada peternak yang tersebar di kecamatan Purwaharja. Terpusatnya bantuan di kecamatan Purwaharja tersebut, didasarkan atas Renstra yang telah ditetapkan Dinas Pertanian.

Sejumlah kelompok yang ditemui HR, merasa senang atas bantuan ternak sapi yang diberikan pihak Pemerintah kota Banjar tersebut. Seperti dikatakan Koko, salah satu kelompok dari Desa Raharja, bantuan ternak sapi dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat di desanya.

“Bantuan ini sudah lama kami harapkan. Selain menambah pendapatan peternak, manfaat kotoran sapi berguna bagi penyuburan lahan pertanian di desa kami,” ujarnya (10/1).

Hal senada dikatakan Mumuh, kelompok tani Anom Jaya, di Kelurahan Purwaharja. Menurutnya, bantuan ternak sapi tidak hanya akan menambah pendapatan peternak dan berguna bagi lahan pertanian. Akan tetapi, program tersebut mampu menyokong misi kota Banjar menuju Agropolitan.

Untuk itu, Mumuh berharap pihak pemerintah kota melalui Dinas Pertanian, mampu juga memberikan pelayanan Inseminasi Buatan (IB) yang terjangkau untuk para peternak.

“Kalau bisa biaya IB nantinya mampu terjangkau oleh para peternak kecil seperti kami,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Ir. Rachmawati, berjanji pihaknya akan memfasilitasi keingian para peternak tersebut.

“Untuk keinginan itu kami akan berusaha memenuhinya dengan melihat terlebih dahulu anggaran yang dimiliki tahun ini,” ucapnya saat dikonfirmasi HR lewat telepon selulernya (11/1).

Dikatakan Rachmawati, pihaknya memberikan bantuan ternak sapi kepada kelompok peternak pada tahun ini, dilengkapi dengan bantuan pakan konsentrat dan obat-obatan. Hal itu dilakukan agar bantuan yang diberikan bisa dengan cepat bermanfaat dan menambah pendapatan masyarakat.

“Agar tercapainya keberhasilan tujuan mulia itu, kami berharap para peternak mampu mengelola ternak dengan baik,” harapnya.

Tujuan jangka panjangnya, lanjut Rachmawati, pemenuhan kebutuhan daging sapi di kota Banjar, dapat dipenuhi oleh para peternak yang telah diberi bantuan. “Minimalnya dapat memenuhi kebutuhan daging kota Banjar. Setelah itu tercapai, baru berbicara untuk mampu memenuhi kebutuhan di daerah lain,” ujarnya.

Mengenai keinginan para peternak agar pihak pemerintah kota mampu menyediakan fasilitas IB terjangkau. Ketua DPRD kota Banjar, Drs. Dadang Kalyubi, mengatakan, siap mendukung keinginan para peternak, agar pihak Dinas Pertanian mampu menyediakan fasilitas IB dengan biaya terjangkau.

“Bila memang pihak Dinas Pertanian kesulitan dalam mata anggarannya, maka kami akan membantu dalam penganggaran dalam APBD perubahan. Dewan akan mendukung penuh setiap program yang bertujuan meningkatkan daya beli masyarakat,” tegas Dadang.

Untuk itu, Dadang meminta kepada Distan agar tidak ragu mengajukan anggaran bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Kami tunggu ajuan anggarannya, dan bila memang dapat dipertanggungjawabkan sasarannya, kenapa tidak kami dukung sekuat tenaga,” tandasnya. (SBH)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles