GNKL NU Gulirkan Kembali Program OMOT di Sekolah

06/01/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- GNKL (Gerakan Nasional Kehutanan dan Lingkungan Hidup) Nahdatul Ulama (NU) Kab. Ciamis, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Bagian Kesra Setda, dan Dinas Kehutanan Ciamis kembali menggulirkan program OMOT (One Man One Tree) untuk penanaman pohon di lingkungan sekolah di seluruh Kab. Ciamis.

Ketua GNKL NU Kab. Ciamis, R.A. Masmu, mengatakan, program ini sebenarnya program lama yang sempat terhenti. Seiring dengan adanya program One Billion Trees (OBIT) yang digulirkan oleh pemerintah untuk kelestarian lingkungan, maka program OMOT perlu digulirkan kembali.

“ Program OMOT ini perlu kembali digulirkan, sebagai pendorong suksesnya program OBIT yang digulirkan oleh pemerintah. Hanya, program OMOT ini khusus untuk dilaksanakan di sekolah di Kab. Ciamis, “ ujarnya, kepada HR, di Ciamis, pekan lalu.

Menurut Masmu, program OMOT ini artinya satu guru di masing-masing sekolah harus menanam tiga pohon di sekolahnya. Program ini pun sebagai bentuk upaya untuk menyukseskan program green school (sekolah hijau) di seluruh sekolah di Kab. Ciamis.

“ Kita berpikir, untuk menyukseskan program OBIT yang dimana mengajak masyarakat untuk menanam sejuta pohon di seluruh Indonesia, harus di awali dari sekolah dulu. Karena sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peranan penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, “ ujarnya.

Masmu berharap, di awali dari guru melakukan penanaman pohon di sekolahnya, dapat menjadi inspirasi bagi siswa untuk melakukan penanaman di lingkungan rumahnya.

“ Jika sudah menjadi inspirasi bagi siswa untuk melakukan penanaman di lingkungan rumahnya, otomatis akan menjadi inspirasi juga bagi keluarganya. Akhirnya, seluruh masyarakat menjadi paham akan pentingnya menanam pohon guna kelestarian alam dan lingkungannya,” terangnya.

Masmu menjelaskan, program OMOT ini akan segera disosialisasikan ke seluruh sekolah di Kab. Ciamis. Nantinya, Tim program OMOT ini akan melakukan pemantauan ke seluruh sekolah untuk mengecek apakah program tersebut sudah dijalankan atau tidak di seluruh sekolah.

“ Kita berharap seluruh sekolah mendukung program ini. Karena program ini sangat penting guna menyelamatkan kelestarian alam di masa mendatang. Dan setidaknya melalui program ini, memberikan pengetahuan soal lingkungan hidup kepada siswa mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Pemahaman yang diberikan sejak dini kepada siswa tentunya akan lebih baik,” pungkasnya. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply