Lima Ruang Kelas SDN 4 Sindangjaya Sudah Tak Layak Pakai

20/01/2011 Pendidikan
Lima Ruang Kelas SDN 4 Sindangjaya Sudah Tak Layak Pakai

Mangunjaya, (harapanrakyat.com),- Sejumlah ruangan kelas di Sekolah Dasar Negeri 4 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya kondisi bangunannya sangat memprihatinkan. Dari 7 ruangan belajar yang ada, hanya 2 ruangan saja yang kondisinya layak pakai. Sedangkan 5 ruangan lagi kondisinya sudah lapuk, dan 2 diantaranya sudah hampir ambruk.

Kepala SDN 4 Sindangjaya, Endang Hendrajat S.Pd, mengatakan, berdasarkan data yang ada, dari semenjak didirikan pada tahun 1975 hingga sekarang, baru dua kali dilakukan rehabilitasi. Pertama pada tahun 1995 sebanyak 2 ruangan dan pada tahun 2009 juga dua ruangan. Sedangkan sisanya 3 ruangan, hingga sekarang masih belum tersentuh bantuan rehabilitasi dari pemerintah.

Endang mengatakan, lamanya bangunan tidak mendapatkan bantuan rehabilitasi, membuat 2 ruangan kelas yang ada saat ini terancam ambruk. Sehingga pihak sekolah tidak mempergunakan ruangan tersebut. Sementara gantinya, terpaksa memakai satu ruangan dibagi dua dengan cara disekat.

“ Terus terang, satu raungan disekat menjadi dua ruangan membuat siswa tidak nyaman, sehingga proses belajar mengajar tidak berjalan sebagaimana mestinya,” keluhnya.

Pihaknya, kata Endang, sangat berharap Dinas Pendidikan Ciamis segera memberikan bantuan untuk merehabilitasi sejumlah ruangan yang kini kondisinya tidak layak pakai.

Sementara itu, Kasubag TU UPTD Pendidikan Kecamatan Mangunjaya Nandang mengatakan, dari 20 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Mangunjaya, masih banyak ruangan belajar yang sudah  tidak layak pakai. Bahkan, ada yang sudah tidak layak pakai tapi masih tetap dipergunakan.

“ Secara kedinasan UPTD Pendidikan Kecamatan  Mangunjaya  sudah mengusulkan ke Dinas Pendidikan Ciamis terkait banyaknya ruangan belajar yang mengalami kerusakan. Semoga saja pada anggaran tahun 2011 ini banyak ajuan yang diakomodir,” pungkasnya. ( Koes )

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles