Menghadapi Anomali Cuaca, Pemerintah Diminta Tanggap

20/01/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Keanehan (Anomali) cuaca yang melanda Kabupaten Ciamis belakangan ini, seyogyanya disikapi dengan serius oleh pemerintah. Sebab jika tidak, bisa berdampak pada lini kehidupan masyarakat, baik dari segi ekonomi, pertahanan, sosial atau politik.

Anggota DPR RI F-Partai Demokrat, Amin Santono, S. Sos, ketika ditemui HR, di Hotel Priangan Ciamis, beberapa waktu yang lalu mengatakan, pemerintah harus sigap dalam menghadapi fenomena alam yang terjadi akhir-akhir ini.

Menurut Amien, kondisi seperti itu bisa berdampak langsung pada sektor ekonomi masyarakat, khususnya kalangan petani. Misalnya mengalami kegagalan dalam panen, dan masalah pasca panen lainnya.

Untuk itu, langkah yang harus dilakukan pemerintah adalah mempersiapkan cadangan pangan dan cadangan bibit. Lebih jauh lagi, yakni pembenahan infrastuktur jalan yang terkena bencana.

Dia mengaskan, Pemerintah Pusat sudah jauh-jauh hari mensosialisasikan  adanya fenomena alam tersebut. Saat ini, tinggal bagaimana Pemerintah Daerah siaga terhadap potensi bendana di masing-masing daerah.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kab. Ciamis, melalui Sekretarisnya, Ir. Kustiny, kepada HR, Senin (17/1) mengatakan, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan langkah-langkah penanganan pasca bencana di sektor pertanian.

“Pihak Dinas sudah mempersiapkannya, diantaranya adalah menyediakan cadangan bibit, apabila terjadi gagal panen akibat cuaca buruk,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya tengah melakukan pemantauan secara berkesinambungan, untuk memprediksi kemungkinan yang diakibatkan anomali cuaca terhadap pertanian.

Sementara itu, Anggota Komisi II, DPRD dari F-PDIP, Iwan M Ridwan, SP.d, MP.d, ketika ditemui HR, Selasa (18/1) mengatakan, salah satu dampak cuaca yang sudah dijumpainya adalah gagalnya para nelayan dalam mencari ikan di laut.

“Hal ini seharusnya dijadikan acuanuntuk pemerintah, dalam mencari solusi dari permasalahan tersebut,” katanya.

Iwan menjelaskan, seperti diketahui oleh semua, bahwa anggaran yang ada di di pemerintah. Kab Ciamis saat ini sangat terbatas. Untuk itu, perlu adanya upaya menangkapa peluang penyerapan anggaran dari propinsi atau pusat.

“Dengan demikian, Pemerintah jangan hanya menghitung data statistik diatas kertas saja, tapi bagaimana mencari cara untuk menanggulanginya,” Pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply