Menkes Berikan Santunan Rp50 juta Bagi Biaya Perawatan

28/01/2011 0 Comments

Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, dr Endang Rahayu Sedyaningsih, saat menjenguk para korban tabrakan KA di RSUD Kota Banjar, Jum’at (28/1). Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, dr Endang Rahayu Sedyaningsih, menjenguk para korban di RSUD Kota Banjar yang mengalami luka berat pada peristiwa tabrakan antara KA Kutojaya Selatan jurusan Kiaracondong-Kutoarjo, dengan KA Mutiara Selatan jurusan Bandung-Surabaya.

Selain menjenguk, kedatangan Menkes ke RSUD Kota Banjar, juga sekaligus untuk memberikan santunan sebesar Rp50 juta bagi biaya pengobatan para korban.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Walikota Banjar DR. dr. H Herman Sutisno, MM, sesaat setelah keluar dari ruangan Raflesia, dimana tempat dirawatnya sebagian korban luka berat.

“Karena peristiwa ini bukan diakibatkan oleh faktor alam, seperti misalnya tsunami atau gempa bumi, sehingga tidak ada dana khusus yang diperuntukkan bagi para korban. Bantuan sebesar 50 juta rupiah ini hanya untuk biaya perawatan para korban,” kata Endang kepada HR, Jum’at (28/1) di RSUD Kota Banjar.

Menkes menambahkan, untuk korban yang dirawat di RSUD Kota Banjar kebanyakan patah tulang di bagian kaki dan dada. Seluruhnya sudah ditangani oleh tim medis dari RSUD Kota Banjar, dan diperbantukan enam dokter ahli tulang.

“Keenam dokter itu untuk membantu tim medis di RSUD Kota Banjar. Dan mereka semuanya berasal dari RSUD Hasan Sadikin, Bandung,” jelasnya.

Sedangkan untuk tiga korban meninggal dunia, lanjut Menkes, ahli waris mendapatkan tunjangan, yang ditangani langsung oleh Jasaraharja. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply