Pasar Banjar Dibongkar, Akan Dibangun Menjadi Pasar Tradisional Termegah di Priatim

13/01/2011 0 Comments

Kondisi Pasar Banjar sebelum dibangun menjadi pasar yang baru dengan model tradisional yang termegah di Priangan Timur. Foto : Adi Karyanto & Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Pasar Banjar akan menjadi pasar tradisional termegah di ujung Prov. Jawa Barat bagian timur. Pembangunan pasar rencananya dimulai awal tahun 2011, dengan menghabiskan dana sekitar Rp20 miliar.

Selain itu, Pasar Banjar juga akan menjadi magnit centre untuk wilayah Barat Kab. Cilacap, Jawa Tengah, wilayah Ciamis Selatan, wilayah Cimaragas, Cisaga dan Rancah, Kab. Ciamis.

Dengan demikian, dipastikan Kota Banjar akan lebih berperan menjadi kota jasa dan perdagangan di wilayah Priangan Timur.

Untuk itu, tentu dari segi kebersihan, keamanan serta ketertiban pasar harus terawat dan terjaga. Kemudian, keamanan fasilitas instalasi listrik pun perlu diperhatikan oleh semua pedagang.

Lantaran, hal tersebut sangat rawan terjadinya kebakaran, dimana Pasar Banjar sudah tiga kali terbakar, yaitu kebakaran pertama terjadi pada tahun 1981, kedua terjadi di tahun 1994, dan kebakaran ketiga kalinya pada tahun 2004.

Rentetan kejadian tersebut dipicu akibat konsleting listrik. Akibatnya, semua pedagang di Pasar Banjar mengalami kerugian sangat besar. Jangan sampai peristiwa  itu terulang kembali.

Dengan bangunan baru nanti, sudah saatnya semua pihak, baik Pemerintah Kota, pedagang maupun kosumen, dapat menjaga dan memelihara keamanan, kenyamanan, kebersihan dan ketertiban di lokasi Pasar Banjar.

Sehingga, kegiatan perekonomian di Kota Banjar mampu berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan semua pihak. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply