Pasca Natal dan Tahun Baru, Pantai Pangandaran Dipenuhi Sampah

06/01/2011 0 Comments

Tumpukan sampah yang menggunung di sepanjang jalan Pantai Pangandaran. Foto : Aam Lusyana/HR.

Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Objek Wisata Pantai Pangandaran dipenuhi sampah, setelah perayaan Natal dan tahun Baru 2011. Akibatnya, kawasan pantai Pangandaran menjadi nampak kotor dan berbau menyengat tak sedap.

Seandainya sampah yang berserakan tersebut tidak ditangani bisa menjadi sumber penyakit bagi warga di sekitar kawasan pantai Pangandaran. Dan dari patauan HR di lapangan, Senin, (3/1) tumpukan sampah masih ditemui di bibir pantai.

Juli (28), wisatawan asal Bandung, ketika ditemui HR mengatakan, merasa terganggu dengan tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan dan di bibir pantai. Selain kurang sedap di pandang mata, sampah tersebut juga menimbulkan bau menyengat.

Ia berharap, pemerintah kab. Ciamis segara melakukan penertiban sampah di wilayah tersebut, agar kawasan pantai Pangandaran bisa kembali nyaman.

Hal senada juga disampaikan Yusron (32), wisatawan asal Cilacap Jawa Tengah, ketika ditemui HR mengatakan, meskipun daya tarik pantai Pangandaran sangat besar menyedot para pengunjung, namun bila pengunjung dikecewakan, salah satunya dengan keberadaan sampah, tentu pantai Pangandaran akan sepi.

Diakui Yusron, Pantai Pangandaran memiliki exotisme tersendiri dibanding dengan objek wisata lainnya di Jawa Barat. Namun sayangnya, pihak pemerintah belum mengelolanya dengan baik.

Selain soal sampah, Yusron juga menyoroti penataan pedagang kaki lima (PKL) belum sepenuhnya baik. Belum lagi, harga barang dan dagangan yang dijajakan seringkali melambung tinggi.

Yusron menambhakan, hari-hari libur masih cukup lama, tentunya pengunjung yang hendak ke pangandaran masih akan berdatangan. Untuk itu, kebersihan dan kenyamanan sangat dinantikan oleh para wisatawan.

Ketika HR akan mencoba mengkonfirmasi pihak UPTD Kebersihan, sayangnya yang bersangkutan sedang tidak ada ditempat. (Amlus)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply