Penyangga Bendungan Ciputrahaji Ambrol

20/01/2011 0 Comments

Dinding penyangga bendungan Ciputrahaji yang ambrol membuat khawatir masyarakat setempat. Foto : Aam Lusyana/HR.

Banjarsari, (harapanrakyat.com),- Sebagian dinding penyangga bendungan sungai Ciputrahaji yang berada di Desa Cikaso Kecamatan Banjarsari ambrol. Hal itu terjadi akibat curah hujan di wilayah tersebut yang cukup tinggi.

Kejadian ambrolnya dinding bendungan tersebut membuat warga di sekitar menjadi khawatir. Mereka takut jika curah hujan yang tidak menentu itu membuat bendungan malah jadi jebol.

Aha (56), warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi bendungan, ketika dimintai keterangan HR, pekan lalu mengatakan, peristiwa ambrolnya dinding penyangga bendungan terjadi pada bulan November 2010.

Dia menceritakan, sedikit demi sedikit tanah yang menjadi sandaran dinding penyangga mulai merosot. Yang kemudian mengakibatkan dinding tersebut juga ikut merosot.

Lebih lanjut, Aha berharap kepada Pemkab. Ciamis agar bendungan yang menghubungkan Dusun Cibadak Desa Cikaso dan Dusun Tanjung Desa Langkapsari segera diperbaiki.

Kepala Desa Langkapsari, Hendrik, ketika ditemui HR, membenarkan kondisi ambrolnya dinding penyangga bendungan. Kondisi itu diakibatkan usia bendungan yang sudah terlanjut tua.

Menurut Hendrik, bendungan tersebut pernah mendapatkan perbaikan terakhirkali pada tahun 1970. Setelah itu, pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWSC) dan instansi terkait belum memperbaikinya kembali. (amlus)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply