Penyertaan Berkas Sertifikat Ikan Nila Nirwana Dipertanyakan

20/01/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Ciamis mempertanyakan perihal penyertaan sertifikat pada penyerahan berkas bantuan pemberian ikan yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Ciamis.

Nur Muttaqin, seorang anggota kelompok yang menerima bantuan, ketika ditemui HR, Senin (17/1) mengatakan, pihaknya mengaku hanya menerima bantuan berupa ikan dan pakannya saja. Sedangkan berkas, termasuk sertifikat untuk legalitas nilai ikan Nila Nirwana tidak diterimanya.

Pada edisi sebelumnya, pengadaan lelang ikan di DKP Kab Ciamis sempat dinilai tidak sesuai dengan ketentuan. Pasalnya, sejumlah bandar menemukan bahwa ikan yang dilelangkan oleh Pihak DKP belum memiliki sertifikat.

Selain itu, penawaran harga ikan yang saat ini ada di DKP jauh dari harga yang sudah ditetapkan dalam perencanaan. Dan ikan jenis Nila Nirwana seharusnya didatangkan dari Balai Pengembangan Benih Ikan Air Tawar (BBAT) Wanayasa.     Diketahui ikan tersebut hanya ada di BBAT, sementara ikan yang serupa tidak ada ada di tempat lainnya.

Muttaqin menambahkan, dirinya beserta anggota kelompk lainnya berencana akan mendatangi kantor DKP, untuk meminta penjelasan kelengkapan pemberkasan bantuan yang dibagikan kepada kelompok budidaya ikan Nila Nirwana.

Karenannya, dia khawatir, jika ikan yang sekarang ini dibudidayakan oleh para kelompok malah tidak memiliki nilai jual di pasaran.

Senada dengan itu, seorang anggota lainnya yang enggan dikorankan, kepada HR mengatakan, bahwa dirinya sangat membutuhkan sertifikat tersebut untuk membuktikan kepada calon pembeli, bahwa ikan yang dijualnya/ yang dibudidayakan oleh kelompoknya memiliki nilai jual.

Di tempat terpisah, Enkon Turkona A.MD, Subdin Budi Daya Ikan DKP, ketika dikonfirmasi HR, Selasa (18/1) menjelaskan, sertifikat untuk ikan Nila Nirwana yang diminta oleh para anggota kelompok tidak ada di pihaknya.

Alasannya, karena pihak Wanayasa sendiri memang tidak memberikan sertifikat tersebut kepada pihak DKP. Selain itu, sertfikat hanya dissertakan bagi induk ikannya saja, sedangkan untuk anak ikan hasil penyemaian tidak harus ada. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply