SDN 3 Pataruman Masih Kekurangan Guru Kelas, Tenaga Tata Usaha & RKB

20/01/2011 Pendidikan
SDN 3 Pataruman Masih Kekurangan Guru Kelas, Tenaga Tata Usaha & RKB

SDN 3 Pataruman yang beralamat di Jl. Purnomo Sidi, No. 36, Kecamatan Pataruman, masih kekurangan guru kelas dan tenaga Tata Usaha (TU). Foto : Eva Latifah/HR.

13 guru PNS didik 340 anak yang terbagi 12 rombongan belajar

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pataruman yang beralamat di Jl. Purnomo Sidi, No. 36, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, hingga saat ini masih kekurangan guru kelas dan tenaga Tata Usaha (TU).

Kepala Sekolah SDN 3 Pataruman, Dra. Titin Rohanah, ketika ditemui HR, Sabtu (15/1), mengatakan, jumlah tenaga pendidik yang berstatus PNS di SDN 3 Pataruman hanya ada 13 orang berikut kepala sekolah.

Sedangkan, jumlah siswa mencapai 340 anak dan terbagi 12 rombongan belajar (Rombel). Menurut Titin, jika saja ada penambahan 3 orang guru kelas, hal itu sudah bisa mencukupi kebutuhan tersebut.

“Kita juga masih kekurangan satu guru bidang, yaitu guru agama. Sebab, dalam aturannya 12 rombel itu harus ada dua guru bidang. Dan untuk tenaga TU, sama sekali kita belum punya, sehingga pekerjaan yang seharusnya dikerjakan TU, ya terpaksa dikerjakan oleh guru-guru,” katanya.

Titin mengaku, pihaknya memang belum mengajukan permohonan penambahan guru secara resmi kepada Dinas Pendidikan. Permohonan tersebut baru disampaikannya secara lisan saja.

Namun, dalam waktu dekat ini pihak sekolah akan secepatnya membuat proposal pengajuan, agar kebutuhan guru dan tenaga TU di sekolahnya dapat segera terpenuhi.

Selain itu, SDN 3 Pataruman juga masih kekurangan ruang kelas dan ruang perpustakaan. Jumlah ruang kelas yang ada saat ini hanya 7 lokal. Padahal seharusnya sesuai dengan jumlah rombel, yaitu 12 kelas.

“Memang seharusnya 12 kelas, tapi sebetulnya 10 kelas juga cukup, karena siswa kelas 1 dan 2 waktu belajarnya cuma sampai jam 9 pagi, jadi bisa digunakan oleh kelas lain. Kalau masuk jam 9 berarti waktu belajarnya tidak akan sampai sore, sekarang ada yang masuk pagi dan siang,” tuturnya.

Lebih lanjut Titin mengatakan, untuk ruang perpustakaan masih menyatu dengan mushola. Namun, pada tahun anggaran 2011 ini, SDN 3 Pataruman akan mendapatkan bantuan berupa penambahan 3 ruang kelas baru dan 1 ruang perpustakaan.

Dia menambahkan, jumlah siswa di SDN 3 Pataruman setiap tahunnya tidak pernah kurang dari 300 siswa. Hal itu karena lokasi sekolah berada didekat perumahan Doboku.

Setiap penerimaan siswa baru (PSB), pendaftar kebanyakan berasal dari perumahan tersebut. Dan, diperkirakan pada PSB tahun depan jumlah siswa akan semakin meningkat.

“Kami berharap untuk bisa mendapatkan bantuan penambahan ruang kelas,” ujarnya.

Meski masih kekurangan tenaga pendidik dan ruang kelas, namun SDN 3 Pataruman mempunyai sejumlah prestasi membanggakan. Baik prestasi siswa maupun gurunya.

Prestasi tersebut diantaranya, tahun 2009 juara pertama lomba Tata Upacara Bendera (TUB) tingkat Kota Banjar. Dan juara tiga pada lomba TUB se-Kota Banjar tahun 2010.

“Kalau prestasi di bidang olah raga belum bisa optimal, sebab waktu belajar terbagi dua, yaitu pagi dan siang, jadi untuk kegiatan ekstrakulikuler terbatas,” terangnya.

Sedangkan prestasi tenaga pendidik diantaranya, berhasil meraih predikat Guru Berprestasi se-Provinsi tahun 2008. Kemudian, pada tahun 2009 juara  pertama Guru Berprestasi tingkat nasional.

Juara pertama dalam Lomba Pembelajaran Kelas VI tingkat Kota Banjar, dan juara ke tiga Guru Berprestasi se-Kota Banjar.

“Guru berprestasi tingkat nasional, Pak Walikota Banjar memberikan penghargaan kenaikan jabatan, yaitu diangkat menjadi Kepala Sekolah SDN 2 Mulyasari. Itu suatu kebanggaan bagi kami,” katanya.

Titin juga mengatakan, visi SDN 3 Pataruman adalah, unggul dalam prestasi, terpercaya dalam karya, dilandasi iman dan taqwa.

Sedangkan misinya adalah, menerapkan konsep pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenagkan dalam semua mata pelajaran. Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan ahlakul karimah, serta prestasi akademik siswa. (Eva)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles