Sisa Pembakaran Kayu, Hanguskan Gudang Palet

27/01/2011 0 Comments

Petugas pemadam kebakaran dibantu warga sekitar tengah menyemprotkan air ke gudang palet yang terbakar, Selasa (25/1). Foto : Pajar Martha/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Gudang penyimpanan sekaligus tempat produksi palet kayu di Lingkungan Cibulan, RT 03/13, Kel/Kec. Banjar, hangus dilalap si jago merah, Selasa (25/1), sekitar pukul 19.00 WIB.

Menurut H. Juju (60), salah seorang warga yang rumahnya tidak jauh dari tempat kejadian, kebakaran diduga bermula dari sisa pembakaran kayu yang berada di dalam gudang, dan merembet ke tumpukan bahan baku.

“Saya lihat api berasal dari sisa pembakaran kayu, karena sebelum api menyambar listrik, dari sela-sela pintu gudang api sudah terlihat jelas di dalam. Tempat ini kalau malam tak ada yang nunggui,” tuturnya.

Dikatakan Juju, kobaran api dengan cepat menyebar ke seluruh gudang, lantaran  di dalam gudang terdapat tumpukan papan kayu kering yang siap untuk diproses menjadi palet.

Lanjut dia, awalnya dari luar hanya terlihat asap saja, namun ketika dilihat lebih dekat, di dalam api sudah cukup besar. Tapi warga tidak bisa langsung memadamkannya, karena pintu gudang terbuat dari besi.

Setelah terlihat kobaran api, warga langsung melapor ke pemadam kebakaran, dan kurang lebih dua puluh menit kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran datang.

“Rumah saya hanya terhalang satu rumah dari tempat kejadian, untung 2 mobil pemadam kebakaran cepat datang. Jika memadamkan api menggunakan tenaga warga, tentu tidak mudah, lantaran barang yang terbakar berupa kayu kering,” ucap Juju.

Fendi, warga lainya yang tengah menenangkan Maman, salah seorang warga yang diberi kepercayaan untuk menjaga gudang, membenarkan, jika malam gudang tersebut tidak ada yang menghuni.

“Saya tidak tahu pasti awal kejadian kebakaran. Memang rumah orang yang dipercaya untuk menjaga gudang juga tidak terlalu jauh,” ucapnya.

Maman, orang yang dipercaya untuk menjaga gudang kayu palet terlihat sangat syok, dan tidak bisa dimintai keterangan, terkait peristiwa kebakaran yang terjadi. (pjr)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!