Warga Kembali Pertanyakan Dana Gempa Tahap II

13/01/2011 0 Comments

Oyoh, istri Warjo sedang berdiri di depan rumah bantuan sementara dari pemerintah. Hingga kini rumahnya belum mendapatkan perbaikan dari dana bantuan gempa tahap ke dua. Foto : Eli Suherli/HR.

Baregbeg, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Mekarsari Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg mepertanyakan pencairan bantuan gempa tahap kedua. Pasalnya, mereka hingga kini belum mengetahui kejelasan kapan dana tersebut akan dicairkan.

Padahal, mereka sudah merencanakan akan menggunakan dana tersebut untuk memperbaiki kondisi rumahnya yang hingga kini masih rusak.

Warjo (50), warga Dusun Mekarsari, ketika ditemui HR, Minggu (9/1) mengakui dirinya sudah pernah didatangi pihak Kelompok Masyarakat (Pokmas) guna pendataan penerima bantuan.

Namun, apa yang diharapkan dirinya selama ini, mengenai bantuan tahap kedua, belum juga kunjung tiba. Warjo mengungkapkan, bahwa rumah bambu dari bantuan pemerintah yang selama satu tahun ini dia tempati sudah tidak lagi nyaman untuk dihuni.

Untuk itu, dia berharap, pihak Pemkab. Ciamis, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sesegera mungkin merealisasikan pencairan bantuan tahap kedua tersebut.

Di tempat terpisah, Kadus Mekarsari, Awan, ketika ditemui HR, mengatakan, pihaknya sering didatangi sejumlah masyarakat yang dijanjikan bakal menerima bantuan tahap kedua tersebut.

Namun, pihaknya juga menegaskan, bahwa kepastian waktu pencairan bantuan tersebut belum diterimanya. Ia berharap,pemerintah tidak lagi mengulur-ulur waktu, karena warganya sudah terlalu lama menunggu.

Kepala BPBD Kab Ciamis, Odang R Wijaya, ketika dikonfirmasi HR, Senin (10/1) menjelaskan, bahwa pencairan dana bantuan tahap kedua belum bisa direalisasikan. Alasannya, dana bantuan dari pusat belum sepenuhnya bisa dicairkan.

Sajauh ini, Odang mengakui, pihaknya juga masih menunggu pecairan dana bantuan tahap kedua tersebut dari pihak pemerintah pusat. Dia khawatir, jika sebagian dana yang saat ini ada dibagikan, bakal menimbulkan kecemburuan pada penerima lainnya.

Odang menghimbau agar para penerima bantuan tahap kedua, untuk bersabar menunggu pencairan dari pemerintah pusat. Ia berharap, mudah-mudahan, pemerintah pusat segera merealisasikannya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply