Wawancara Ekslusif : Visi & Misi Sekda Baru Kab. Ciamis

06/01/2011 0 Comments

Sekda baru Kabupaten Ciamis Drs. Tahyadi A Satibie, MM., dilantik oleh Bupati Ciamis H. Engkon Komara, Selasa (4/1) di Aula Setda Pemkab. Ciamis. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Drs. Tahyadi A. Satibie, MM, resmi dilantik sebagai Sekda baru Kabupaten Ciamis, Selasa (5/12), pukul 09.30 WIB, di Aula Setda Pemkab Ciamis. Untuk lebih mengenal secara jauh pribadi Sekretaris Daerah Kab. Ciamis yang baru menjalankan tugas barunya, wartawan HR (Deni Supendi & Dicky Haryanto Adjid) mewawancarainya secara ekslusif.

Bagaimana Bapak akan mengawali pekerjaan/ Jabatan sebagai Sekda baru di Kab. Ciamis?

Dalam mengawali jabatan baru ini, saya terlebih dahulu akan melakukan kordinasi dan konsolidasi di internal lingkungan Setda Ciamis. Hal itu tidak lain karena setda merupakan markas besar dari pemerintahan kab. Ciamis.

Kordinasi dan konsolidasi ini juga meliputi dengan unsur pemerintahan lainnya, baik legislative, dan eksekutif.

Lebih jauhnya lagi dengan dengan pihak-pihak eksternal lainnya. Dengan hal ini, saya berharap bisa menyesuaikan antara pekerjaan dan jabatan, khususnya dalam bagaimana menjalankan dan melaksanakan program-program yang direncakanan oleh pemerintah.

Apa Visi bapak dalam menjalankan jabatan baru ini?

Untuk visi, saya akan mengupayakan kekompakan para SKPD yang ada di Kab. Ciamis. Dan menciptakan sinergitas kerja para pegawai dalam menjalankan tugas dan amanat dari negara tercinta kita ini.

Karenanya, saya meyakini, jika kekompakan dan sinergitas di pemerintahan tidak terjalin, maka akan berdampak pada perjalanan roda pemerintahan kita.

Bagaimana dengan misi bapak?

Sementara ini, misi saya sudah jelas, bahwa saya akan menciptakan kekompakan dan sinergitas dengan melakukan kordinasi dan konsolidasi terlebih dahulu.

Selanjutnya, untuk mencapai hal itu, kita akan menjalankan program-program sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan ditetapkan oleh pemerintah.

O iya pak, kita tahu, anggaran kab. Ciamis saat ini sangat terbatas, bagaimana cara bapak mengatasinya?

Itu benar, APBD kita memang sangat terbatas, sementara program dan kegiatan di setiap SKPD sangat banyak. Untuk itu, sesuai dengan pesan bapak Bupati, saya beserta unsur pemerintahan yang lainnya, akan mengupayakan program-program bantuan dari pusat. Atau bisa saya istilahkan sebagai upaya “Jemput Bola”.

Saya juga meyakini, bahwa banyak diantara program dari pusat yang bisa kita gali dan kita manfaatkan untuk mendukung perjalanan program kepemerintahan di Kab ciamis.

Saya juga menghimbau agar setiap SKPD bisa menggali peluang tersebut, guna membantu pelaksanaan program di lapangan.

Mengenai karir, jabatan apa saja yang sudah bapak duduki?

Hahaha, sebelum saya menjadi Sekda, saya sudah berulang kali dipindah-tugaskan di hampir semua wilayah. Diantaranya, saya mengawali tahun 1981 sebagai Lurah Ciamis, kemudian Mantri Polisi, Sekmat Banjar, Camat Cimerak, Camat Cijulang, Camat Panjalu, Kabag Kepegawaian, Camat Kawali, Kabag Pengembangan Karir di Setda Ciamis, Kabag Umum di DPRD Ciamis, Kepala BKDD, Kadisperindag, Asisten Daerah, Kepala Bawasda, Kadis Keuangan, Kepala  BKKBS, kemudian terakhir menjadi Sekda Ciamis.

Semua jabatan tersebut merupakan titipan dan amanah yang harus dijalankan. Ya mungkin ini sudah ketentuan dari Alloh yang harus saya jalani.

Soal Hobi, apa yang saat ini bapak gemari?

Hobi saya saat ini, adalah  khususnya di olah raga, yakni jalan sehat dan bersepeda. Alasannya, saya kira, dengan kondisi tubuh yang sehat, saya bisa menjalankan tugas dan amanah ini dengan maksimal. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!