45 Warga Ciamis di 19 Kecamatan Terjangkit Kusta

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 45 warga Kab. Ciamis yang tersebar di 19 kecamatan terjangkit penyakit kusta. Angka tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan pihak Dinas Kesehatan kab. Ciamis yang diperoleh dari tiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tahun 2010.

Osep Hernandi, Kasie Pelayanan Pengendalian Pengawasan dan Penanggulangan Bencana (P4B) Dinkes Ciamis, ketika ditemui HR, Selasa (8/2) mengatakan, untuk menanggulangi para penderita, pihaknya sudah mengupayakan perawatan secara berkala.

Dari jumlah penderita yang ada, jumlah terbanyak terdapat di Desa Sindangwangi Kec. Padaherang yang mencapai 14 orang penderita. Sementara ini, para penderita kusta belum bisa ditempatkan secara khusus, karena tidak adanya sarana dan prasarana yang dimiliki pihak Dinkes.

“Melalui pemeriksaan berkala, para penderita bisa terus terpantau perkembangannya. Selain itu tingkat penyebarannya pun bisa diminimalisir. Kami juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu takut dengan penyakit tersebut,” jelasnya.

Diakhir perbincangan, Osep meminta agar para pederita kusta tidak merasa terkucilkan. Tapi mereka harus tetap semangat menghadapi penyakit, dengan melkaukan tahapan penyembuhan yang dioanjurkan pihaknya. (es)

KOMENTAR ANDA

Komentar