Aktifitas Perekonomian Warga di 3 Desa Terganggu

24/02/2011 0 Comments

Jembatan Ciparingga yang berada di Kec. Langkaplancar dibiarkan putus tanpa mendaparkan perbaikan dari Pemkab. Ciamis. Akibatnya, aktifitas warga di 3 desa jadi terganggu. Foto : Eli Suherli/HR.

Gara-gara Jembatan Ciparingga Dibiarkan Putus

Langkaplancar, (harapanrakyat.com),- Jembatan sepanjang 12 meter yang membentang di atas sungai Ciparingga dibiarkan putus. Padahal, bagi masyarakat Dusun Karangpucung Desa Jadikarya Kec. Langkaplancar, jembatan tersebut sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari mereka.

“Sejak tahun 2009, jembatan Ciparingga belum bisa dilalui. Sementara warga jika ingin pergi ke wilayah perbatasan harus memutar arah dengan jarak yang cukup jauh,” kata Tarli, Tokoh Pemuda setempat, Senin (21/2).

Tarli mengatakan, putusnya jembatan Ciparingga terjadi akibat luapan air sungai yang deras dan menghanyutkan tembok panyangga jembatan. Akibatnya, ambruknya jembatan Ciparingga tidak dapat ter-elak-an.

“Kala itu hujan turun dengan deras, karena saking derasnya warga takut untuk keluar rumah. Tidak lama berselang, warga mendengar suara di sekitar jembatan. Belakangan diketahui, bahwa suara yang mereka dengar berasal dari runtuhnya jembatan,” ungkapnya.

Menurut Tarli, selama ini jembatan Ciparingga menjadi akses satu-satunya masyarakat Desa Jadikarya, Bojong dan Dadimulya untuk membawa hasil bumi seperti kapol dan kayu. Namun sejak terputus, warga tidak dapat melaluinya. Bahkan mereka terpaksa melalui jalur lain yang tergolong jauh.

Kades Jadikarya, Dedeh Kusmayati, membenarkan keberadaan jambatan yang ambruk tersebut. Menindaklanjuti hal itu, Dedeh menagku sudah mengajukan proposal perbaikan kepada Pemkab. Ciamis.

Namun, sayangnya hingga kini proposal yang diajukan pihaknya belum membuahkan hasil. Karenanya, pihak Desa beserta warga Jadikarya dan sekitarnya terpaksa harus menanti perbaikan jembatan, meski mereka juga tidak tahu kapan perbaikan tersebut akan dilaksanakan.

Sementara itu, Kasi Perbaikan Jalan dan Jembatan, Dinas Bina Marga Kab. Ciamis, Taupiq Gumelar,  ketika dikonfirmasi HR, menjelaskan, perbaikan jembatan Ciparingga belum dapat direalisasikan.

Taupiq beralasan, keterbatasan anggaran menjadi salah satu penyebab terhambatnya realisasi perbaikan Jembatan tersebut. Dia berjanji, akan mengupayakan anggaran perbaikan pada tahun berikutnya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!