Dua SMA RSBI Juarai LCC UN Kab Ciamis

24/02/2011 0 Comments

Peserta Perwakilan dari sejumlah SMAN se-Kab Ciamis tengah mengikuti LCC UN. Kadisdik Ciamis, Drs. Akasah MBA, dalam acara itu meminta para guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas. Foto : Dian Sholeh Wardiana/HR.

Kadisdik Ciamis Minta Kualitas Guru dan Siswa Ditingkatkan

Ciamis, (harapanrakyat.com),“Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sekolah Menengah Atas (SMA), harus bisa dijadikan korelasi positif sebelum Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) digelar, karena semua yang dilombakan yaitu mata pelajaran yang akan di-uji-nasional-kan,” kata Drs. Akasah, MBA, Kepala Dinas Pendidikan Kab Ciamis, Selasa (22/2).

Akasah mengatakan, selain untuk meningkatkan kemampuan siswa, guru juga harus bisa meningkatkan kualitas pengajaran terutama mata pelajaran yang akan diujikan pada Un tahun ini.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen), Drs. Nana Ruhena M.Pd, mengatakan, LCC di Kab Ciamis sudah enam kali di gelar, dari mulai tahun 2006 sampai sekarang.

“Peserta LCC sekarang mencapai 28 sekolah dari Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan 29 Sekolah dari Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Se-Kab Ciamis.

Sedangkan  jumlah  yang mengikuti LCC sebanyak 100 siswa dari Program Studi IPA  berikut cadangan, dan 102 Siswa dari Program Studi IPS berikut cadangan, semuanya itu kelas 12.

Nana menjelaskan, materi yang dilombakan untuk kelas IPA diantaranya pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan untuk Kelas IPS, pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

“Untuk persiapan UN Secara Akademis sudah diupayakan, dari mulai pemadatan, Try Out (TO), dan mengadakan LCC,” ujarnya.

Ia berharap, LCC kali ini bisa dijadikan umpan balik bagi sekolah untuk melaksanakan perbaikan kegiatan pembelajaran, dan harus dijadikan motivasi siswa dalam persiapan menghadapi UN.

“Semoga saja angka kelulusan di Kab Ciamis bisa mencapai 100 persen, karena selama ini semua pihak sekolah sudah berusaha maksimal demi mencapai target,” Pungkasnya.

Dalam LCC tersebut sejumlah sekolah meraih juara diantaranya, untuk LCC UN IPS, Juara 1 diraih oleh SMAN 1 CIAMIS dengan nilai 950, Juara 2 diperoleh SMAN 2 Ciamis dengan nilai 800, Juara 3 direbut oleh SMAN 3 Banjarsari dengan nilai 450, dan Juara harapan satu jatuh kepada SMAN 1 Cihaurbeuti dengan nilai 400.

Juara LCC UN IPA, Juara 1 diraih oleh SMAN 2 Ciamis dengan nilai 1100, Juara 2 diperoleh SMAN 1 Cihaurbeuti dengan nilai 950, Juara 3 direbut oleh SMAN 1 Pangandaran dengan nilai 550, dan Juara harapan jatuh kepada SMAN 1 Cimaragas dengan nilai 200. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply