Pembentukan Forum Komunikasi Alumni FISIP Mendapat Apresiasi

17/02/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh (Unigal) menyelenggarakan temu alumni mahasiswa FISIP dan sekaligus membentuk Forum Alumni FISIP, pada pekan lalu di Auditorium Unigal.

Dekan FISIP Unigal,  Cecep Cahya Supena,SH.,MH.,M.S.i, ketika ditemui HR minggu lalu mengatakan, sangat optimis keberadaan Forum Komunikasi Alumni tersebut dapat membawa dampak positif terhadap perkembangan Unigal di masa yang akan datang.

“Kami optimis Forum tersebut akan membawa kemjauan bagi kampus, khususnya fakultas. Karena forum tersebut mempunyai grand strategy membangun kemitraan antara kampus dan pemerintah, masyarakat dan dunia swasta,” ungkapnya.

Cecep menjelaskan, fenomena kajian kebijkan publik bisa menjadi sumbangsih kampus dalam mensinergikan kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik di tingkat kabupaten atau tingkat nasional.

“Upaya itu diantaranya bisa diaplikasiakn dengan penelitian, seminar, lokakraya, publikasi ilmiah, dan silaturahmi seperti temu alumni. Disamping itu juga, adanya alumni menjadi salh satu indikator akreditasi suatu fakultas dan universitas secara keseluruhan,” katanya.

Senada dengan itu, Ketua Forum Komunikasi Alumni FISIP Unigal, Agus NS, SIP, M.Si., ketika ditemui HR mengatakan, bahwa untuk saat ini, alumni FISIP Unigal membutuhkan jalinan kemitraan dengan pemerintah Kab. Ciamis.

Agus menjelaskan, aksesbilitas dunia pendidikan terhadap dunia kerja baik di sektro swasta maupun pemerintahan harus terus dapat terjalin. Sehingga para lulusan FISIP bisa terserap di kedua sektor tersebut.

Di tempat berbeda, pimpinan Unversitas, Rektor Unigal, Prof. Dr.H.S Koswara, sangat mengapresiasi pembentukan Forum Alumni FISIP tersebut. Koswara mengatakan, Forum tersebut dapat dijadikan wadah komunikasi pengembangan Unigal kea rah yang lebih baik.

Menurut Koswara, “Jalinan komunikasi antar mahasiswa, dosen dan alumni bisa dilakuakn secara langsung. Namun, aspek yang secara tidak langsung juga seperti kemajuan kemajuan universitas bisa terealisasikan,” katanya.

Koswara memastikan, pihaknya sangat membutuhkan inovasi untuk menumbuhkembang kualitas pendidikan di Unigal. Dan para alumni bisa dijadikan sumber rujukan untuk menyalurkan potensi civitas akademika nantinya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply