Tebing di Tanjakan Bojong Salawe Rawan Longsor

03/02/2011 0 Comments

Warga Minta Tindakan Antisipatif Sebelum Apa yang Dikhawatirkan Terjadi

Cimaragas, (harapanrakyat.com),- Masyarakat yang tinggal di sekitar jalan tanjakan Bojong Salawe Dusun Tegalrahayu Desa Cimaragas mengkhawatirkan ancaman longsor. Pasalnya, tebing di tanjakan tersebut berpotensi longsor.

Emo (52), warga sekitar, ketika ditemui HR, Minggu (30/1) mengatakan, kondisi tebing setinggi kurang lebih 15 meter dengan kemiringan kurang lebih hampir 70 derajat tersebut sangat mengancam keselamatan jiwa pengguna jalan.

Kondisi itu sayangnya sudah berjalan selama lebih dari enam bulan. Bahkan, rambu atau pemberitahuan bahaya tidak nampak di sekitar lokasi tersebut.

“Kondisi tebing jalan ditanjakan bojong salawe rawan sekali terjadi longsor. Namun hingga kini dibiarkan seperti demikian. Padahal saya kira bisa tebing tersebut menganam keselamatan masyarakat, dan pengendara angkutan umum atau pribadi,” katanya.

Dia meminta pemerintah Kab. Ciamis memberikan perhatian dengan memperbaiki atau mengantisipasi kekhawatiran warga tersebut. Jika tidak, seyogyanya memampang papan pemberitahuan akan bahaya longsor di wilaya itu.

Senada dengan itu, Ujang salah seorang sopir angkutan umum, ketika diminta tanggapan, mengaku harus berhati-hati saat melewati tanjakan Bojong Salawe.

Ujang juga mengharapkan agar pemerintah desa setempat segera mengambil tindakan, dengan memasang rambu-rambu yang isinya memberitahukan adanya potensi bahaya longsor.

Kepala Desa Cimaragas, Diding Ushendar, ketika ditemui HR, Senin (31/1) membenarkan kondisi di tebing tanjakan Bojong Salawe yang pernah mengalami longsor.

Pihaknya juga mengaku sudah melaporkan perihal kondisi satu-satunya akses terdekat dari Kota/ Kab. menuju Cimaragas yang sudah mengkhawatirkan tersebut.

Hanya saja, laporan yang sudah diajukan oleh pihaknya itu belum juga mendapat kepastian dari pemkab. Ciamis. Selain itu, Diding juga menyatakan bahwa pihaknya sudah meminta rambu penunjuk bahaya longsor kepada Dinas Perhubungan. Namun, lagi-lagi permintaan itu belum kunjung terkabul.

Diding menambahkan, sebelum apa yang dikhawatirkannya itu terjadi, dia meminta Pemkab. Ciamis segera mnindaklanjuti laporan dan permintaan pihaknya yang sudah sejak lama itu. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!