Truck Bermuatan Berat Sebabkan Rusaknya Jalan di Cimaragas

10/02/2011 0 Comments

Cimaragas, (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga kembali mengeluhkan kerusakan jalan di daerah Cimaragas, padahal jalan tersebut merupakan salah satu akses paling dekat yang menghubungkan wilayah Kecamatan Cimaragas dengan Bojong.

Keluhan itu diungkapkan Sahya (45), warga Cimaragas yang rumahnya tepat berada di pinggir jalan. Saat ditemui HR, Minggu (5/2), dia mengatakan, kerusakan jalan di daerahnya akibat dari banyaknya kendaraan yang lewat melebihi tonase.

“Seharusnya pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan peraturan untuk jalan kabupaten, agar kendaraan yang melewati tidak melebihi batas yang ditentukan kapasitas jalan. Sebab percuma, meskipun jalan diperbaiki, itu tidak akan bertahan lama,” katanya.

Lebih lanjut Sahya mengatakan, dengan kondisi jalanan rusak seperti sekarang ini, laju transaportasi di wilayah Cimaragas akan lebih terganggu, dan otomatis angka kecelakaan juga semakin meningkat.

Guna meminimalisir tingkat kecelakaan, masyarakat Cimaragas khususnya, mengharapkan agar pemerintah segera melakukan perbaikan. Karena, jalan tersebut juga sebagai akses menuju menuju ke wilayah Ciamis Selatan.

“Apabila jalan sudah diperbaiki, maka Pemkab Ciamis harus menerapkan pula peraturan, bahwa kendaraan lewat harus dibatasi sesuai kapasitas jalan Kabupaten, supaya jalan tidak cepat rusak,” ujarnya.

Selain itu, tambah Sahya, perbaikan sarana drainase pun perlu diperhatiakan, sebab banyak saluran air yang rusak akibat kendaraan truk pengangkut muatan kayu dan pasir, sementara kondisi tanah di bagian tanjakan jalan tersebut kondisinya labil.

Kepala Desa Cimaragas, Diding Suhendar, ketika ditemui HR, Senin (7/2), membenarkan bahwa kondisi jalan di wilayahnya telah mengalami kerusakan lagi. Namun, mengenai perbaikan, pihaknya menyerahkan kepada Pemkab. Ciamis.

“Kami telah beberapa kali melaporkan kerusakan jalan tersebut, tetapi sampai sekarang belum ada realisasinya mengenai kapan jalan yang kami maksud akan diperbaiki,” kata Diding.

Di tempat terpisah, Kasi. Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (PPJ) Dinas Binamarga Kab. Ciamis, Taopik Gumilar, ketika dikonfirmasi HR, menjelaskan, untuk perbaikan jalan di wilayah Cimaragas, pihaknya akan melihat dulu pada anggaran yang tersedia tahun 2011.

“Data yang masuk perbaikan jalan untuk tahun ini akan disesuaikan dengan anggaran yang ada, dan kami juga akan melakukan perbaikan jalan perbatasan antara Cimaragsa dan Cidolog,” jelasnya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply