Agar Polutan Gas Buangan Dapat Terserap, Turus Jalan di Hijaukan

17/03/2011 0 Comments

Bagian turus Jl. Prof. Ir. Sutami ditumbuhi pepohonan besar sehingga para pengguna jalan merasa nyaman saat melewatinya. Tampak dua orang warga tengah berjalan diantaran rimbunan pohon yang terdapat di jalan tersebut. Foto: Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Semua bagian turus jalan di Kota Banjar diharapkan harus bisa seperti Jl. Prof. Ir. Sutami, yang ada di sekitar Lapang Golf Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy. Keberadaan pepohonan di turus jalan tersebut membuat para pengguna jalan merasa sejuk dan teduh saat melewatinya.

Hal itu dikatakan Kabid. Lingkungan Hidup Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Lingkungan Hidup (DKPLH) Kota Banjar, H. Basir, SP, MP, Senin (14/3). Menurutnya, dengan tumbuhnya pohon-pohon besar di turus jalan, maka polutan gas buang kendaraan dapat terserap.

“Dengan demikian, maka kami terus melakukan kegiatan menanam pohon di setiap turus jalan, apalagi di wilayah perkotaan, tentu hal itu sangat diperlukan. Memang manfaatnya tidak akan langsung bisa kita rasakan sekarang, tapi nanti beberapa tahun kedepan,” terang Basir.

Karena, polutan gas buang kendaraan akan semakin tinggi seiring dengan kemajuan sebuah kota. Begitu pula dengan tingkat keramaian dan jumlah kendaraan di Kota Banjar, setiap tahun dipastikan mengalami peningkatan.

Namun, dengan penanaman pohon di setiap turus jalan yang saat ini terus dilakukan, maka dalam jangka lima tahun kedepan, pencemaran polusi tersebut sedikitnya dapat diminimalisir.

Pohon yang ditanam selain bersifat kanopi, juga bersifat kesehatan. Karena, tanaman dapat menyerap CO2 yang berasal dari asap knalpot kendaraan, lalu menggantinya kembali dengan O2 untuk kebutuhan makhluk hidup.

Selain bersifat kanopi dan kesehatan, juga ada dua keuntungan lain yang akan didapat, yaitu keuntungan fisik serta keuntungan dari segi artistik.

“Keuntungan fisiknya adalah, jalan akan semakin bagus bagi para pengguna jalan, dan keuntungan dari segi artistisknya yaitu, ketika pohon atau bunga sedang mekar, maka turus jalan akan terlihat semakin indah,” ujarnya.

Dikatakan Basir, jenis pohon yang selama ini telah ditanam merupakan jenis pohon besar yang mempunyai akar dan batang kuat, yaitu pohon Tanjung, Bungur dan Glodogan. Sehingga aman bagi para pengguna jalan, lantaran jenis pohon tersebut tidak akan mudah roboh atau patah.

Berbeda dengan pohon Palem dan Akasia, selain bagian batangnya rapuh, kedua jenis pohon tersebut juga tidak memiliki akar tunggang. Sedangkan jenis pohon Tanjung, Bungur dan Glodogan mempunyai akar tunggang.

“Kalau turus jalan ditanami pohon yang memiliki akar tunggang, itu tidak akan merusak bagian jalan lainnya, seperti trotoar. Dan ketiga jenis pohon yang dipilih itu sebelumnya sudah kita pertimbangkan, baik segi keuntungan maupun keselamatan bagi para pengguna jalan,” katanya.

Untuk mengupayakan supaya polutan gas buang kendaraan dapat diminimalisir tingkat pencemaranannya, Basir menghimbau agar semua kalangan masyarakat memiliki rasa gemar menanam pohon, minimal dimulai di lingkungan sekitar. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply