Biar Tua Asal Gaya, Nenek Gaul Hobi Ngoprek Motor Tua

17/03/2011 1 Comment

Sarkiyem (70) nenek gaul yang tak mau ketinggalan gaya anak muda masa kini ngoprek dan modifikasi motor adalah hobi baginya. Foto: Eji Darsono/HR.

Eji Darsono

Ada-ada saja, nenek yang satu ini boleh dibilang orang tua gaul. Di usianya yang sudah senja, Sarkiyem (70), asli Purwokerto Jawa Tengah {Jateng} masih hobi ngotak-ngatik motornya. Padahal kita tahu, biasanya yang masih rajin ngoprek kendaraan roda dua dan memodifikasinya gaya anak-anak muda jaman sekarang ini.

Meski begitu, Sarkiyem ketika ditemui HR di rumah kerabatnya di Cipaku Kab. Ciamis, menceritakan, bahwa dirinya sangat gemar berkendara sejak usianya masih belia. Saat ini, Sarkiyem mengaku masih rajin merawat motor kesayanggnya itu.

Bahkan, selain rutin melakukan tune up terhadap motor miliknya, Sarkiyem juga berencana memodifikasi motornya kembali sesuai dengan keinginannya. Saat ditanya mengenai hobinya itu, dia mengungkapkan bahwa dirinya tidak mau ketinggalan dengan hobi anak muda masa kini.

Itulah nenek gaul, bagi dia usia tidak menjadi halangan, keluarganya juga mendukung asal jangan melupakan tugas dan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Cuma setelah di usia senja ini, Sarkiyem membatasi kegiatan touring motor. Soalnya, fisiknya sudah tidak memungkinkan lagi.

“Tapi, untuk bergabung dengan komunitas motor tua, masih tergolong cukup aktif,” ucapnya.

Lebih jauh Sarkiyem bercerita soal hobi motor tuanya. Banyak di antaranya yang suka modifikasi motor (modif), namun banyak pula yang tidak. Rata-rata yang mengaku suka malah menjadikan hobi. Bahkan banyak pula yang akhirnya jadi maniak modif. Sebaliknya, yang tidak senang modif menganggap modif berbahaya dan menimbulkan biaya lebih (boros).

Nyatanya, hampir-hampir semua motor sudah mengalami modifikasi motor walau sedikit sedikit atau banyak. Mungkin orang tidak menyadari telah melakukan modifikasi motor karena tampilan motor masih standar. Padahal sejumlah item telah mengalami perubahan. Ganti busi yang lebih kuat, ganti stang yang lebih nyaman, ganti model lampu yang lebih cakep dan terang adalah modif sederhana.

Karena itu, yang penting dari modifikasi motor adalah tujuan dan fungsinya. Tujuan modifikasi motor yang baik adalah meningkatkan kinerja dan tampilan motor sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan gaya.

Lebih aman karena modifikasi motor yang baik akan menggunakan alat yang biasanya after market atau limbah copotan motor import yang kualitasnya lebih baik. Lebih cepat karena dengan modifikasi motor, baik kapasitas mesin bisa dimaksimalkan, atau kemampuan pengendalian (handling) lebih dioptimalkan. Nah, terutama ini: lebih gaya. Dengan modifikasi motor, tampilan standar ga lagi culun. Perpaduan berbagai aksesori maupun piranti body, cat, dsb, bisa membuat motor benar-benar menarik: lebih macho atau manis, tergantung selera.

Modifikasi motor Tentu saja butuh biaya. Tapi seperti slogan lama “there is something money can’t buy” atau bisa disebut juga, kepuasan adalah segalanya. Jadi, kata kuncinya adalah modifikasi motor ringan, sedang, berat, dan ekstrem. Tinggal pilih sesuai selera dan kantong.

“Yang penting senang karena bisa jadi alat untuk menjalani kehidupan. Yang penting enjoy, sip dah!” kata nenek Sarkiyem.

Ini wanita langka, biar tua tapi kreatifitas terus berjalan. Penyakitpun tak berani dating, sehat selalu karena hobi. ***

About author

Related articles

1 Comment

Leave a Reply