Demi Serap Lulusan, SMK Hepweti Jalin Kerjasama dengan Dunia Usaha

25/03/2011 0 Comments

Para siswa SMK Hepweti tengah mengikuti pelatihan keahlian komputerisasi di Lab. Komputer sekolah. Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hepweti Ciamis menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan terkemuka. Kerjasama itu dilakukan untuk menyalurkan siswa lulusannya agar bisa terserap di perusahaan tersebut.

Hal itu dikemukakan Ketua Yayasan SMK Hepweti Ciamis, Mumu Mukhtar, A.Md,. kepada HR, Minggu lalu. Menurut Mumu, dengan adanya kerjasama dengan perusahaan swasta, sekolah tidak hanya berkewajiban mencetak lulusan handal saja, akan tetapi, harus turut membantu juga dalam memberikan solusi agar siswa ketika lulus dari sekolah ini dapat langsung mendapatkan kesempatan bekerja,

“Langkah tersebut adalah sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masa depan siswa dalam mendapatkan peluang pekerjaan yang layak,” katanya.

Perusahaan yang siap melakukan kerjasama dengan SMK Hepweti Ciamis, yaitu perusahaan yang begerak di biodang Administrasi, Texstile, Kosmetik, dan Bisnis. Perusahaan tersebut berdomisili di Jakarta Barat, dan telah banyak melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya.

“Rencananya perusahaan yang sudah siap bekerjasama, akan mengadakan seleksi untuk penerimaan tenaga kerja baru. Dan untuk Tes, rencananya akan diadakan di SMK Hepweti Ciamis. Nanti bagi siswa yang dianggap layak akan langsung direkrut menjadi tenaga kerja di perusahaan,” katanya.

Selain untuk Peluang pekerjaan, sekolah tersebut juga telah menyiapkan sarana prasarana yang memadai, seperti, bangunan sekolah milik sendiri, ruang kelas ber-AC, Internet 24 jam (Hotspot), 40 Unit computer, 30 unit Laptop, 7 Unit Infokus, dan mesin Industri.

Untuk muatan local (Mulok), pihak sekolah sudah menyediakan tempat praktek busana butik, salon tata kecantikan, dan Toko Bina Usaha. Semua pengelolaan dan manajemen keuangan dilakukan langsung oleh para Siswa.

“Bagi siswa yang sudah lulus, akan mendapatkan lima sertifikat dari sekolah, diantaranya, Sertifikat computer, Akuntansi, mengetik (Sistem buta 10 jari, Typing master professional), Bahasa Inggris (English conversation), dan Salon tata kecantikan (keramas, creambath, potong rambut, dan kreting rambut),” Ujarnya.

Sekolah tersebut juga menyediakan empat beasiswa, diantaranya, beasiswa Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari  pemerintah, Bantuan Gubernur  Siswa berprestasi (Bagus), bagai siswa yang mempunyai ranking paralel sewaktu di SMP/MTs, dan beasiswa untuk pengurus Osis (dari Yayasan). (dsw)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!