Dinkes Ambil Sampel Darah di LP, Inabah dan Kawasan Wisata Pantai

05/03/2011 0 Comments


Guna Menghindari Penyebaran HIV AIDS

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Kab. Ciamis melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel darah dari sejumlah Pekerja Seks Komersial (PSK) di Pangandaran, Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ciamis dan sejumlah santri putra-putri Inabah. Pemeriksaan tersebut sengaja dilakukan untuk mengetahui tingkat penyebaran virus HIV AIDS di Kab. Ciamis.

Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan {P2PL} Dinkes Kab Ciamis, Dr Yoyo, ketika ditemui HR, Selasa (1/3) mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan apakah 141 PSK, 297 Narapidana dan 55 santri Inabah yang diperiksa positif mengidap HIV AIDS.

Yoyo mengaku, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratoirum di Rumah Sakit Umum Daerah {RSUD} Ciamis terhadap sampel darah yang diambilnya tersebut. Dari hasil itu, pihaknya akan mengetahui siapa saja yang dinyatakan psotif mengidap penyakit berbahaya itu.

Sementara itu, Kasi Penanganan Penyebaran Penayakit dan Penaggulanagan Bencana Alam (P4B), Osep Hernandi menambahkan, pelaksanaan pengambilan sampel darah memakan waktu dua hari. Pemeriksaan dan pengambilan itu sengaja dilakukan kepada PSK, Napi dan santri Inabah, alasannya karena mereka paling rentan tersandung kasus seperti ini.

Meski begitu, hasil Uji Laboratorium baru bisa diketahui paling cepat seminggu setelah pemeriksaan dialakukan. Menindaklanjuti hasil laboratrium, pihaknya akan melakukan penyuluhan lanjutan kepada penderita yang dinyatakan positif, agar penyebaran HIV AIDS bisa terawasi. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!