Disperindagkop Gelar Evaluasi Bersama DPRD

05/03/2011 0 Comments


Guna Tingkatkan Pengelolaan Wiskul

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Banjar, Senin (28/2), melakukan evalusi kawasan wisata kuliner Jl. BKR, dengan mengundang anggota DPRD Kota Banjar dan para pelaku usaha di wisata kuliner.

Kegiatan tersebut dilakukan guna peningkatan kawasan wisata kuliner, baik dari segi pengelolaan ataupun daya saing para pedagang yang kini tengah berjualan di kawasan tersebut.

Menurut Kabid. Koperasi dan UKM, Disperindagkop Kota Banjar, Dra. Titi Winarti, M.Pd., bahwa kegiatan evaluasi akan rutin dilakukan secara berkala. Karena, untuk membangun sebuah kawasan perdagangan yang baik secara pengelolaan dan dikenal orang banyak, tentu tidak mudah.

Dalam kegiatan evalusai kali ini pihaknya sengaja mengundang anggota DPRD Kota Banjar, lantaran beberapa waktu lalu anggota DPRD Kota Banjar telah melakukan studi banding ke Solo, terkait kawasan wisata kuliner yang ada di daerah tersebut.

“Kami menggagas pertemuan ini dengan harapan, apa yang didapat anggota DPRD dari studi banding ke Solo tetang wisata kuliner, dapat dijadikan masukan kepada kami dan para pedagang tentunya,” kata Titi.

Hasil dari pertemuan tersebut adalah, bagaimana wisata kuliner di Kota Banjar dapat memberikan daya saing, baik dari segi kualitas makanan yang disajikan, maupun segi pengelolaannya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Banjar akan mengeluarkan program promosi, salah satunya yaitu melalui pembagian kupon makan gratis di kawasan wisata kuliner pada hari Senin (28/1).

“Memang masih banyak perkerjaan rumah yang harus diselesaikan guna menyukseskan kawasan wiasta kuliner di Kota Banjar, namun tentunya tidak dapat dilakukan semudah membalikan telapak tangan,” ujarnya.

Lanjut Titi, hal lain yang perlu diperhatikan dari hasil evaluasi dengan anggota DPRD adalah, bagaimana caranya agar gapura masuk ke lokasi kawasan wisata kuliner dapat segera dibangun. Pihaknya juga akan menindaklanjuti semua masukan dari anggota DPRD.

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Banjar, Herdiana Pamungkas, saat dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa (1/3), mengatakan, kegiatan wisata kuliner harus terus ditingkatkan kualitasnya. Dan diharapkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Banjar ikut mendukung.

“Saya lihat para pedagang di sana punya kemauan untuk terus meningkatkan kualitas, tapi saya berharap semua OPD di Kota Banjar ikut berperan dalam membesarkan wisata kuliner di Kota Banjar,” katanya.

Menurut Herdiana, bentuk dukungan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu, setiap kegiatan penjamuan tamu atau pejabat yang datang dari luar kota, dapat dilakukan di kawasan wisata kuliner.

Lanjutnya, dari hasil studi banding di Solo, ada poin penting yang didapatkan. Di sana, kata dia, siapa pun tamu yang datang dari luar kota akan dibawa berkunjung ke kawasan wisata kuliner.

“Sudah tentu jika bukan kita yang mengenalkan kepada orang lain, maka siapa lagi. Oleh karena itu, kalau ada tamu pejabat atau siapa pun, bahkan pada umumnya masyarakat Kota Banjar, diharapkan ikut mempromosikan keberadaan kawasan wisata kuliner kita,” pungkasnya. (pjr)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply