Dubes Jepang Dijadwalkan Kunjungi Ponpes Daarussalam

25/03/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Kojiro Shiojiri, akan mengunjungi Pondok Pesantren Daarussalam, Ciejungjing Kab. Ciamis dalam waktu dekat ini. Kedatangan Duta Jepang tersebut dalam rangka agenda kerjasama bidang pendidikan dan kebudyaan.

“Kunjungan Kojiro Shiojiri dijadwalkan minggu depan, tanggal 28 Maret. agendanya untuk melakukan kerjasama bidang Pendidikan dan Kebudayaan,” Ungkap Pimpinan Ponpes Darussalam, Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi, atau lebih dikenal dengan panggilan Kang Icep ini, Senin (22/3).

Icep mengatakan, kunjungan Dubes Jepang ini merupakan apresiasi pemerintahan Jepang terhadap dunia Pendidikan, khususnya dunia pesantren.

“Memang hanya pesantren Darussalam saja yang dikunjungi, akan tetapi kunjungan ini akan berdampak dikenalnya Kabupaten Ciamis juga dimata para Pejabat Pemerintahan Jepang,” katanya.

Kedatangan Dubes Jepang ke Ponpes Darussalam, merupakan kunjungan kedua kalinya, setelah kujungan pertama dilakukan pada pertengahan Mei 2010. Dan ini slah satu bentuk perhatian pemerintahan Negara Sakura terhadap dunia pendidikan pesantren.

Dari berbagai sumber yang dirangkum HR, kunjungan pertama Dubes Jepang ke Ponpes Modern Darussalam masih dalam rangka kunjungan Budaya dan Pendidikan. Dimana waktu itu, dibahas tentang masalah kerjasama pertukaran pelajar antara Indonesia dan Jepang.

Website resmi Kedutaan Jepang menyebutkan, saat ini sekitar 1600 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya.

Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ada ikatan apapun. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply