Gara-gara Padat Aktifitas, Jalan Pusat Kecamatan Minta di-Trotoar

10/03/2011 0 Comments

Aktifitas Masyarakat di Kawasan Pusat Kecamatan tergolong tinggi. Namun begitu, kawasan ini belum dilengkapi bangunan trotoar. Foto: Aam Lusyana/HR.

Lakbok, (harapanrakyat.com),- Sejumlah masyarakat di Kec. Lakbok mengharapkan pembangunan trotoar di sepanjang jalan pusat kecamatan. Alasannya, kawasan pusat kecamatan itu kerap ramai dikunjungi warga dan para pejalan kaki.

Usman (67), seorang tokoh masyarakat di Kec. Lakbok mengatakan, keberadaan trotoar di wilayah tersebut sangat penting. Sebab wilayah itu merupakan pusat kota Kec Lakbok. Selain untuk memperindah kawasan central, keberadaan trotoar juga dapat menjadi penyelamat bagi para pejalan kaki ketika berjalan di jalan raya.

Dia menilai, aktifitas masyarakat di kawasan itu tergolong tinggi. Pasalnya, di kawasan itu terdapat Kantor Pemerintahan Kec. Lakbok, SMPN 1 Lakbok, Kantor UPTD Pendidikan Kec. Lakbok, Kantor Polsek, Puskesmas dan Kodim.

Tidak heran, seandainya trotoar belum juga dibangun, banyak para pejalan kaki yang masih tersenggol oleh kendaraan. Usman mengharapkan agar pemerintah Kab. Ciamis segera merealisasikan keinginan masyarakat Lakbok untuk memiliki trotoar.

Senada dengan itu, Rudi (32), warga setempat, ketika ditemui HR, mengatakan, trotoar dapat dijadikan sebagai sarana bagi pejalan kaki untuk menghindari laju kendaraan bermotor. Terlebih jalan tersebut sebagai wilayah yang padat kendaraan.

Rudi menilai, jika Pemkab Ciamis mampu merealisasikan pembangunan trotoar, maka selain kenyamanan pejalan kaki, kawasan tersebut mampu dijadikan lahan baru bagi pedagang di malam hari. Dengan begitu, lanjut Rudi, kawasan pusat kecamatan tersebut juga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Camat Lakbok, Drs. Nasiman Kartono, ketika ditemui HR mengaku sudah mengetahui apa yang diinginkan oleh sejumlah kalangan masyarakat tersebut. Namun, Nasiman memastikan bahwa dirinya akan mengupayakan keinginan warganya untuk masuk dalam pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Murenbang) tingkat kabupaten. (Amlus)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!