Hasil Forum OPD Dibahas di Musrenbangta

17/03/2011 Berita Banjar
Hasil Forum OPD Dibahas di Musrenbangta

Para peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kota (Musrenbangta) Tahun 2011, tengah melakukan diskusi kelompok. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Setda Kota Banjar, Selasa (15/3). Foto: Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Forum Organisasi Perangkat Daerah (Forum OPD), merupakan forum musyawarah yang dilaksanakan di Graha Banjar Idaman (GBI) 9 Maret lalu, tujuannya untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan lintas kecamatan, melalui proses pembahasan dan penyepakatan kegiatan sebagai dasar penyusunan rencana OPD.

Forum ini mempunyai kedudukan dan fungsi yang penting serta strategis dalam rangka meningkatkan konsistensi dan sinkronisasi kebijakan, program maupun kegiatan, yang nantinya diharapkan mampu menghasilkan sinergitas antara kebutuhan masyarakat dengan program Pemerintah Kota Banjar.

Hasil dari Forum OPD tersebut menghasilkan usulan prioritas dari tiap kecamatan, kemudian disinkronisasikan dengan prioritas pada masing-masing OPD. Sehingga, dihasilkan usulan program dan kegiatan yang dibahas untuk ditindaklanjuti dalam musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kota (Musrenbangta) Kota Banjar tahun 2011, dilaksanakan di Aula Setda Kota Banjar, Selasa (15/3).

Pada pelaksanaan Musrenbangta, ada beberapa masukan yang menjadi prioritas usulan dari setiap kecamatan. Diantaranya, prioritas usulan Kec. Banjar meliputi, pembebasan tanah untuk infrastruktur jalan di Desa Balokang, dan penguatan perekonomian.

Kemudian, dari Kec. Pataruman meliputi, pembukaan jalan baru dan jalan lingkungan, pembuatan kirmir jalan di Pasir Sireum dan Pemakaman China.

Selanjutnya, prioritas usulan dari Kec. Langensari meliputi, penataan kawasan pusat pertamanan, pembuatan atap panggung kesenian, trotoar pasar dan lahan parkir di pasar.

Juga pembuatan linning di Kel. Muktisari, rumah tidak layak huni, pembangunan tugu batas wilayah antara Kec. Langensari dan Kec. Lakbok, Kab. Ciamis di Kel. Muktisari, Desa Waringinsari, dan antara Kec. Langensari dengan Kec. Wanareja, Kab. Cilacap di Desa Langensari, serta antara Kec. Langensari dengan Kec. Purwodadi, Kab. Ciamis di Desa Kujangsari.

Sedangkan, prioritas usulan dari Kec. Purwaharja diantaranya yaitu, pembangunan jembatan Cisireum di Desa Raharja, pembangunan drainase di Desa Mekarharja.

Kemudian, pengerasan jalan di Desa Mekarharja dan jalan lingkar utara, pembangunan saluran air, pembuatan jalan ke Pasirleutik-Mekarharja-Raharja dan Purwaharja, rumah tidak layak huni dan pemagaran tanah makam di Kel. Karangpanimbal, serta pembuatan halte.

Selain itu, ada pula masukan lainnya dari peserta, yang kemudian diakomodir, yaitu, saluran irigasi antara Desa Rejasari, Langensari dan Waringinsari, Kec. Langensari. Penomoran rumah se-Kota Banjar, serta perbaikan saluran air dan drainase pada Jl. Gerilya di Kel. Mekarsari, Kec. Pataruman.

Sebagai rekomendasi, harus pula dilakukan pemilihan dan pemilahan dari usulan-usulan tersebut yang masuk pada forum, sehingga dapat diketahui kegiatan mana yang bisa dilaksanakan oleh pemerintahan desa, kecamatan, kota, provinsi maupun pusat.

Musrenbangta Tahun Anggaran (TA) 2011 yang diikuti oleh segenap jajaran pemerintahan (OPD) maupun stakeholders lainnya, diharapkan dapat menjabarkan sasaran prioritas pada masing-masing bidang pembangunan, sesuai dengan potensi dan Renstra Kota Banjar.

Hal itu nantinya akan menjadi acuan bagi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2012, dengan sumber pendanaannya baik dari APBD Kota, APBD Provinsi, APBN dan Bantuan Luar Negeri (BLN), maupun sumber dana lainnya. (Eva)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles