Pelaku UKM Dambakan Bantuan Alat Penunjang Usaha

05/03/2011 0 Comments

Pelaku usaha kecil menengah (UKM) berharap adanya bantuan peralatan dari pemerintah. Tampak para pekerja tengah menyelesaikan pembuatan kerajinan penghias keramik dinding dari batok kelapa. Foto : Pajar Martha/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kota Banjar berharap adanya bantuan peralatan dari pemerintah. Bantuan tersebut diperlukan untuk meningkatkan hasil produksi usaha yang mereka geluti.

Seperti dikatakan Darus (35), pengrajin batok kelapa, warga Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman. Dirinya mengaku, usaha batok kelapa penghias keramik dinding yang dijalaninya, kini memerlukan tambahan alat produksi.

“Alhamdulilah usaha saya bisa berkembang, saat ini malah pesanan dari perusahaan penampung tidak dapat saya penuhi seluruhnya, lantaran terkendala alat produksi yang tidak memadai,” tuturnya, Senin (28/2).

Menurut Darus, dirinya telah berupaya untuk mengembangkan usahanya, yaitu dengan mengajukan kredit ke Bank bjb Cabang Banjar melalui program kredit usaha rakyat (KUR), namun hingga kini belum juga ada realisasinya.

Kemudian, lanjutnya, baru-baru ini dia mendengar bahwa Pemerintah Kota Banjar mempunyai program bantuan bagi pengusaha kecil, mengenai penyedian bantuan alat produksi untuk pengembangan usaha.

“Saat acara peringatan Ulang Tahun Kota Banjar, saya mendengar pemerintah akan memberikan bantuan berupa alat produksi kepada pengusaha kecil, bahkan program bantuan tersebut katanya rutin dilakukan pemerintah,” kata Darus.

Untuk itu, dia berharap pemerintah melakukan pendatan ulang terhadap para pengerajin yang ada di Kota Banjar. Sehingga pemerintah mengetahui UKM mana yang benar-benar membutuhkan bantuan.

“Jujur saja saya memang baru menggeluti usaha seperti ini, atau dengan kata lain baru jadi pengusaha. Jika saya ingin mendapatkan bantuan tersebut, harus mendaftar kemana dan apa persayaratannya. Saya harap ada pembinaan dari pemerintah kepada pengusaha yang baru netas seperti saya ini,” harap Darus. (pjr)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!