Potensi PAD Desa Sukanagara Perlu Digali

05/03/2011 0 Comments


Untuk menunjang pembangunan dan kemajuan desa

Jatinagara, (harapanrakyat.com),- Kepala Desa Sukanagara mengharapkan segala bentuk potensi ekonomi yang bernilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayahnya bisa digali. Hal itu demi menunjang pembangunan dan kemajuan desa ke arah yang lebih baik.

“Perlu kiranya memasyarakatkan semangat berwirausaha di kalangan warga. Dengan begitu, kemauan kuat warga di bidang pengembangan ekonomi tersebut dapat menciptakan karya yang inovatif dan kreatif. Yang pada akhirnya mendukung tingkat produktifitas di kalangan masyarakat,” kata Misjun Ari H, Kades Sukanagara, seusai acara Seminar Enterpreneurship, di Aula Desa, minggu lalu.

Misjun mengatakan, melalui kegiatan seminar tersebut, dia berharap masyarakat Desa Sukanagara terpacu untuk mencari inovasi dan mengembangkan potensi usaha yang ada di lingkungannya.

Namun begitu, tidak menutup kemungkinan pemerintah Kab. Ciamis diminta untuk membantu memfasilitasi pengembangan ekonomi masyarakt tersebut. Dia memastikan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) di tingkatan desa bias tercapai.

Di tempat sama, Undang Dawarso, S.IP., Camat Jatinagara, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan program desa harus disesuaikan dengan tipologi dan orientasi desa yang mengarah ke Agrobisnis.

Undang menambahkan, upaya pencapaian itu juga harus dibarengi dengan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Desa Sukanagara yang handal dan berkompeten.

Sementara itu, Endin Lidinillah, M.Ag. Motivator Kewirausahaan dalam Seminar tersebut, menyampaikan motifasinya agar masyarakat Desa Sukanagara dapat mencapai kesejahteraan yang dicita-citakan. Selain itu, Endin juga berpesan agara masyarakt memiliki keyakinan diri dalam berwirausaha.

Engkus Kusnadi, Pemateri Perwakilan dari Disperindagkop Kab. Ciamis, menjelaskan, prinsip dan strategi pembiayaan pengelolaan usaha kecil menengah. Karenanya usaha kecil seperti itu harus dilakukan dengan efektif dan efisien.

Sedangkan Anggi Gin Gin, Ketua Pelaksana, saat ditanya HR, di sela-sela kegiatan mengatakan, Seminar Enterpreneurship yang digelar di Desa Sukanagara merupakan wujud kepedulian mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masyarakat. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!