Satlantas Polres Ciamis Canangkan Program Polisi Sahabat Anak

10/03/2011 0 Comments


Seorang Polwan dari Satlantas Polres Ciamis sedang menjalankan program polisi sahabat anak. Foto : Dian Sholeh Wardiana/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satuan Lalu Lintas Polisi Resort (Satlantas Polres) Ciamis mencanangkan program Polisi Sahabat Anak. Program ini  bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak usia dini tentang lalu lintas yang baik.

Hal itu dikatakan Kasatlantas Polres Ciamis, AKP Asep S, melalui Kanit Pendidikan Rekayasa dan Lalu Lintas (Dikyasa), Aiptu Kusmayadi, ketika ditemui HR diruang kerjanya, beberapa waktu yang lalu.

Kusmayadi menuturkan, sampai saat ini pihaknya baru menjalankan program itu pada dua Taman Kanak-Kanak (TK). Kedua TK tersebut diantaranya, TK Bhayangkari dan TK Alif yang terletak di Jl. Jend. Sudirman.

Bahkan menurut Kusmayadi, sampai saat ini pihaknya terus membangun komunikasi yang baik dengan Ikatan Guru Raudlatul Atfal (IGRA) dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) yang ada di Kab. Ciamis.

Dia menjelaskan, dalam program tersebut, anak-anak diperkenalkan rambu-rambu lalu lintas, bagaimana berkendara yang baik, pengenalan lingkungan Polres, mulai ruangan kerja, dan kendaraan dinas seperti motor patroli.

“Demi meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepolisian, kedepan rencananya Satlantas Polres Ciamis akan menggelar perlombaan PBB dan menggambar lalu lintas bagi anak usia dini TK/RA,” katanya.

Sementara itu, Susi, guru TK Islamic Presschool Center, atau yang lebih dikenal TK Alif, mengatakan, dengan adanya pihaknya mendukung sepenuhnya program tersebut. Karena  bagaimanapun anak-anak di usia dini sudah perlu mengetahui fungsi dan tugas seorang polisi.

Untuk kali ini, Susi mencoba mensosialisasikan program itu kepada siswa-siswinya dengan memberikan nama Profesi Karunia Alloh. Selain itu, Susi juga menjelaskan, TK Alif memiliki program rutin bulanan, seperti mengenalkan siswa TK dengan berbagai macam profesi, dan mereka langsung dibawa ke lapangan.

“Semoga Kepolisian bisa lebih meningkatkan kerjasama, terutama menjalin mitra dengan masyarakat, dan program ini mudah-mudahan dapat berlanjut. Karena bagaimanapun program seperti ini banyak sekali manfaatnya,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!